Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (STAD) berbantukan poster terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Maximus Milian Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: student teams achievement division, kooperatif, media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantukan poster pada pokok bahasan hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini digolongan kedalam jenis quasy experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 dan XI-2 yang masing-masing berjumlah 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengaruh perlakuan diukur dengan membandingkan data hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan uji t. Uji normalitas data dan uji homogenitas varian menggunakan uji F dilakukan sebelum uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen signifikan (α=0.05) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Jadi terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantukan poster terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles