Pengaruh model think pair share dengan metode index card match terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi sistem koloid

  • Mohamad Alfan Masdini Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: ICM, model pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode index card match (ICM) terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi sistem koloid. Jenis penelitian ini tergolong quasy eksperimental. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas XI IPA-1 (kelas eksperimen) dan 40 siswa kelas XI IPA-2 (kelas kontrol, model pembelajaran langsung). Data hasil belajar siswa setelah perlakuan diperoleh dari nilai siswa setiap pertemuan dan ulangan harian. Nilai akhir (hasil belajar siswa) digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh perlakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda secara siginifikan dan lebih tinggi dibandingkan nilai hasil belajar siswa kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS dengan metode ITM terhadap hasil belajar siswa (subjek penelitian) pada materi sistem koloid di SMA N 8 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles