Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa tentang hidrolisis garam yang diajar menggunakan model pembelajaran student team achievement division (STAD)

  • Ferti Lestari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Amir Masruhim Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Berpikir kreatif, hidrolisis garam, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA IT Granada Samarinda yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Sampel dalam penelitian ini adalah  26 siswa kelas XI IPA SMA IT Granada Samarinda yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non-tes selama dua kali pertemuan dan ulangan harian. Teknik test berupa soal essay sebanyak 4 soal untuk post-test dan 6 soal essay untuk ulangan harian. Teknik non-test berupa dokumentasi dan observasi siswa dan Guru. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir lancar sebesar 86,22 dengan kategori sangat lancar; kemampuan berpikir luwes sebesar 73,50 dengan kategori luwes yang baik; kemampuan berpikir orisinil sebesar 42,78 dengan kategori cukup orisinil; dan kemampuan berpikir terperinci sebesar 55,91 dengan kategori cukup terperinci. Secara keseluruhan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa adalah sebesar 65.18 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles