Perbedaan hasil belajar antara siswa SMA yang diajar dengan model TPS dan bertukar pasangan pada pokok bahasan hidrokarbon

  • M. Diki Hidayat Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: TPS, bertukar pasangan, hidrokarbon

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan bertukar pasangan terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrokarbon kelas XII SMKN 20 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMK Negeri 20 Samarinda. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas XII Multimedia dan XII Otomotif dengan masing-masing kelas berjumlah 32 orang. kelas XII Multimedia merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran TPS sedangkan kelas XII Otomotif menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui posttest pada akhir tiap pertemuan, ulangan harian serta lembar observasi kegiatan sebagai penunjang. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t, dimana diperoleh thitung = 2,72 dan ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel yaitu 2,72,> 1,99 pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara model pembelajaran tipe think pair share dengan bertukar pasangan pada pokok bahasan hidrokarbon. Pada penelitian ini hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan pada pokok bahasan hidrokarbon.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles