Pengaruh model team assisted individualization dengan media bulletin board terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur

  • Nur Yaumil Awaliah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran langsung, TAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media Bulletin Board terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 16 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-4 dan X-5 yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa dan diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes dan non tes. Tes berupa soal post-test dan ulangan harian, sedangkan non tes diperoleh melalui dokumentasi. Data yang diperoleh, selanjutnya diolah dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model TAI dengan media bulletin board lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Secara signifikan terdapat pengaruh model TAI dengan media bulletin board terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 16 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles