Pengaruh model cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar kimia siswa SMK pada pokok bahasan sistem koloid

  • Ninik Kartini Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar kimia siswa SMK pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Husada Prima Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Keperawatan 1 dan XII Keperawatan 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa setiap kelas. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Siswa kelas XII Keperawatan 1 diajar menggunakan model CIRC (kelas eksperimen) dan siswa kelas XII Keperawatan 2 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Hasil belajar siswa yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif yang diperoleh dari masing-masing 20% nilai posttest 1, 2 dan 3 dan 40% ulangan harian Untuk mengetahui pengaruh dilakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kontrol adalah 83,36 dan 78,76. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai kedua kelas tersebut berbeda nyata pada taraf 5%. Jadi terdapat pengaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid di SMK Husada Prima Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles