Pengaruh model pembelajaran SiMaYang TIPE II terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi

  • Niluh Bara Nonik Eliani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: hasil belajar, SiMaYang, reduksi, oksidasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SiMaYang tipe II terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Negeri 11 samarinda. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal post-test  dan ulangan harian serta lembar observasi sebagai data pendukung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 86,56 dan kelas kontrol adalah 80,82. Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran SiMaYang tipe II terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Negeri 11 samarinda tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles