Pengaruh model pembelajaran SiMaYang TIPE II terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SiMaYang tipe II terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Negeri 11 samarinda. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal post-test dan ulangan harian serta lembar observasi sebagai data pendukung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 86,56 dan kelas kontrol adalah 80,82. Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran SiMaYang tipe II terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Negeri 11 samarinda tahun ajaran 2017/2018.
Downloads
Copyright (c) 2018 Niluh Bara Nonik Eliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.