Penurunan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam dengan remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR
Keywords:
interprestasi bahasa, konsep, penggunaan data, teknis, penarikan kesimpulanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam di SMA Negeri 5 Samarinda dengan pemberian remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 1 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Kesalahan yang dianalisis terdiri atas kesalahan interprestasi bahasa, konsep, penggunaan data, teknis, dan penarikan kesimpulan. Data penurunan kesalahan siswa diperoleh melalui tes tertulis pada ulangan harian sebelum dan sesudah remedial. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan persentase kesalahan interpretasi bahasa sebesar 5,79%, kesalahan konsep sebesar 21,10%, kesalahan menggunakan data sebesar 9,37%, kesalahan teknis sebesar 11,37% dan kesalahan penarikan kesimpulan sebesar 57,76%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam dengan remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 5 Samarinda.