Penurunan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam dengan remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR

  • Maria Elina Kristiany Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: interprestasi bahasa, konsep, penggunaan data, teknis, penarikan kesimpulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam di SMA Negeri 5 Samarinda dengan pemberian remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 1 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Kesalahan yang dianalisis terdiri atas kesalahan interprestasi bahasa, konsep, penggunaan data, teknis, dan penarikan kesimpulan. Data penurunan kesalahan siswa diperoleh melalui tes tertulis pada ulangan harian sebelum dan sesudah remedial. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan persentase kesalahan interpretasi bahasa sebesar 5,79%, kesalahan konsep sebesar 21,10%, kesalahan menggunakan data sebesar 9,37%, kesalahan teknis sebesar 11,37% dan kesalahan penarikan kesimpulan  sebesar 57,76%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hidrolisis garam dengan remedial menggunakan model pembelajaran IKRAR pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 5 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles