Pengaruh penggunaan media robotik hidrolik sederhana terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit

  • Rizky Alfiansyah Pratama Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: larutan, elektrolit, nonelektrolit

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu syarat untuk tercapainya pembelajaran yang optimal serta menarik minat siswa selama proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media pembelajaran berbasis robotik hidrolik sederhana. Media pembelajaran ini merupakan perpaduan antara alat uji elektrolit dengan sistem yang menggunakan tenaga tekanan air atau yang biasa disebut sistem hidrolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran robotik hidrolik sederhana terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit di MA Darul Ihsan Samarinda. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-IPA 1 dan X-IPA 2 yang masing-masing terdiri atas 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post-test dan ulangan harian. Hasil belajar kelas X-IPA 2 yang menggunakan media pembelajaran robotik hidrolik sederhana dengan rata-rata nilai adalah 79,26 dan kelas X-IPA 1 yang menggunakan alat uji sederhana dengan rata-rata nilai adalah 77,23. Hasil uji t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan media robotik hidrolik sederhana terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles