Pengaruh lama inkubasi dengan Tricodermareesei terhadap konsentrasi gula terlarut dalam bubur batang sorgum manis

  • Jasman Jasman Program StudiPendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Selendria H.R. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Sudirman Sudirman Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Andam S. Ardan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kupang,Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Keywords: sorgum manis, Tricoderma reesei, inkubasi, gula terlarut

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh lama inkubasi dengan T.reesei terhadap konsentrasi gula terlarut dalam bubur batang sorgum manis sebagai bahan baku pembuatan bioetanol telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama inkubasi dengan T.reesei terhadap konsentrasi gula terlarut dalam bubur batang sorgum manis dan untuk mengetahui lama waktu inkubasi dengan T.reesei yang menghasilkan konsentrasi gula terlarut dalam bubur batang sorgum manis paling tinggi. Penelitian ini dimulai dengan pengadaan sorgum manis kemudian persiapan bubur batang sorgum manis. Batang sorgum manis diinokulasi dengan janmur T. reesei dengan variasi waktu 0, 24, 48, 72, 96, dan 120 jam. Selanjutnya masing-masing sampel dianalisis kadar gulanya dengan refraktometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama inkubasi dengan T.reesei berpengaru hterhadap kandungan gula terlarut dalam bubur batang sorgum manis. Konsentrasi gula terlarut tertinggi diperoleh pada lama inkubasi 24 jam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles