Penguatan pembelajaran kimia dan sumber belajar berkearifan lokal pada era disrupsi

Authors

  • I Wayan Dasna Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Keywords:

pembelajaran kimia, konstruksi konsep, bahan ajar berbasis hasil-hasil penelitian, era disrupsi

Abstract

Membelajarkan konsep-konsep kimia yang luas namun masih dangkal melalui pembelajaran langsung akan menjadi hambatan besar para pengajar untuk membelajarkan kimia pada era Industri 4.0. Strategi konvensional yang berjalan selama ini belum dapat mendorong para pebelajar mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan ketrampilan mengkomunikasikan gagasan/ide yang sangat penting pada era desruptif. Materi kimia yang dibelajarkan cenderung berputar pada konsep, hukum, dan teori namun tidak sampai pada aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menyebabkan pembelajaran kimia tidak menarik. Oleh sebab itu, gagasan pembelajaran bersiklus dimana konstruksi konsep sampai pada aplikasi konsep dengan materi kekinian, berbasis kearifan lokal, yang bersinergi dengan hasil-hasil penelitian menjadi sangat penting. Pada makalah ini dibahas gagasan strategi pembelajaran berbasis pengembangan kemampuan berpikir, bahan ajar berbasis hasil-hasil penelitian berkearifan lokal, penguatan pembelajaran praktikum, dan penggunaan internet dalam pembelajaran kimia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles