Pelatihan Pembuatan Majalah Daring Untuk Meningkatkan Jurnalistik Siswa Di SMAN 16 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5874Keywords:
Literasi, Jurnalistik, Majalah daringAbstract
Tingkat literasi siswa di Indonesia masih rendah, terbukti dari posisi Indonesia pada survei PISA 2019 dan data UNESCO, serta rendahnya indeks aktivitas literasi membaca. Kondisi ini diperparah oleh dominasi media digital dan kurangnya minat baca siswa. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan jurnalistik siswa, khususnya di SMA Negeri 16 Samarinda, melalui pelatihan pembuatan majalah daring. Metode yang digunakan adalah siklus pelatihan (training cycle) yang meliputi identifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Sebanyak 22 siswa kelas 10 dan 11 yang memiliki minat pada jurnalistik dan desain grafis mengikuti pelatihan ini. Hasil yang dicapai sangat menggembirakan; siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mencari, mengolah, dan menulis informasi (jurnalistik dasar), serta keterampilan desain grafis menggunakan Canva. Tim redaksi majalah daring SPEKTA 16 berhasil terbentuk dan menerbitkan edisi perdana majalah dalam bentuk cetak dan digital, yang menunjukkan keberhasilan peningkatan kemampuan praktis siswa dalam mengelola media digital. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil menumbuhkan rasa percaya diri, sikap kritis, rasa ingin tahu, dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.
Downloads
References
Ananda, R., Supratmi, N., & Syafruddin. (2022). Pengembangan Majalah Sekolah Virtual Untuk Meningkatkan Literasi Peserta Didik Di Kota Depok. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(4), 423–429.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179
Daryani, E., Daulay, M. I., & Witarsa, R. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Menulis Siswa Kelas III SDN 18 Penyagun. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7567–7579.
Diyanti, K. R., Wendra, I. W., & Tantri, A. A. S. (2021). Pembinaan Majalah Sekolah Gempita Esaba dan Relevansi Terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36175
Fauji, I. (2023). Literasi Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Dan Koherensinya Dengan Karakteristik Anak Usia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(1), 47–59.
Kemdikbud. (2020). Mengukur Capaian Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS): Merumuskan Instrumen Evaluasi Untuk Memajukan Literasi.
Komdigi. (2020). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos. https://www.komdigi.go.id/berita/sorotan-media/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos
Kurniawaty, I., Hadian, V. A., & Faiz, A. (2022). Membangun Nalar Kritis di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2715
Misfaida, E. J., & Hambali, M. (2023). Penggunaan Media Mading Untuk Mendukung Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Materi Teks Berita. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(3), 350–357. https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.46930
Nainggolan, R., Nababan, R. D., Sianturi, S. L. J., Habibah, N., Ishadi, I. F., & Siallagan, L. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Literasi Membaca Buku di SD Yayasan Duta Harapan Bukit Sion Medan. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 149–162. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.705
Ramadhani, C. D., Fadhilla, A., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Analisis Minat Baca dan Dampaknya terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.33096/didaktis.v3i1.905
Refugio, C., Galleto, P., Noblefranca, C., Inoferio, H., Macias, A., Colina, D., & Dimalig, C. (2020). Content knowledge level of elementary mathematics teachers: The case of a school district in the Philippines. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(3), 619–633. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i3.4551
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aldam Rojab, Muhammad Alief Ramadhany, Muhammad Fajar Qadri Askar, Julia Ika Pratiwi, Putri Regina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









