Program GEPOL (Gerakan Belajar Pola) Membuat Ragam Hias Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5525Keywords:
Budaya Nusantara, Globalisasi, Ragam HiasAbstract
Globalisasi telah membawa dampak besar terhadap cara pandang generasi muda terhadap budaya, termasuk peserta didik di jenjang sekolah dasar. Arus globalisasi yang cepat tetapi tidak diimbangi dengan penguatan identitas budaya lokal akan mengakibatkan menurunnya apresiasi dan kecintaan peserta didik terhadap warisan budaya. Kondisi ini yang dialami oleh peserta didik SDN 002 Samarinda Kota. Kegiatan program GEPOL (Gerakan Belajar Pola) ini melibatkan 88 peserta didik yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air melalui ragam hias tradisional. Kegiatan program ini dilaksanakan dengan tiga tahapan meliputi pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari empat tahap, yakni pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta didik terhadap jenis dan makna ragam hias dan keterampilan. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif sebagai media edukatif untuk memperkuat karakter dan identitas budaya peserta didik dalam menghadapi tantangan global.
Downloads
References
Amri, K., Sugiharto, Pane, A. R., & Ritonga, M. (2024). The Impact of Globalization on Social Development and Culture of Primary School Students. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1), 30–40. https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.34822
Ariya, A. & Ismail. (2025). Filsafat Pendidikan di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang dalam Konteks Multikultural | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1122–1131. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6442
Azizah, N., Hanik, E. U., Pratiwi, S., & Surayya, A. I. (2025). Implementasi Pemakaian Busana Dalam Sekolah Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air di SD Nasima. Jurnal Pendidikan Transformatif, 4(3), 229–239. https://doi.org/10.9000/jupetra.v4i3.2145
Fatonah, R., Irma, I., Maulana, M. Z., & Yasin, M. (2024). Hubungan Masyarakat dan Budaya Lokal dalam Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(01), 41–50. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i01.65
Handayani, A. P., Beng, J. T., Salsabilla, F. T., Morin, S., Ardhia, T. S. S., & Rusli, V. A. (2024). Hilangnya Budaya Lokal di Era Modern dan Upaya Pelestariannya dalam Perspektif Pancasila. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 178–188. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3452
Hayudiyani, M., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Lokal. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 102–109. http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p102
Herdiana, Soedarmo, U. R., & Kusmayadi, Y. (2020). Motif Ragam Hias Dan Nilai-Nilai Filosofis Batik Ciamis. Jurnal Artefak, 7(1), 53–62. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3366
Idawati, Muhklisah, N., Hardianto, H., Hidayah, N., Yuanata, A., & Dahlan, S. (2025). Menganalisis Sekolah Dasar Sebagai Organisasi Pendidikan Sistem Sosial. Journal on Education, 7(2), 11484–11495. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8248
Irmania, E., Trisiana, A., & Sahabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.2970
Nahak, H. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Populix. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Jiwa Nasionalisme Anak Muda. https://info.populix.co/articles/nasionalisme-anak-muda/
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998
Riyani, M., Hanafiah, H., & Kusumawati, D. (2025). Batik Samudra Goes to School: Konservasi Ragam Hias Aceh Berbasis Projek di Sekolah. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 121–130. https://doi.org/10.54259/pakmas.v5i1.3282
Undang-Undang Nomor 5. (2017). Pemajuan Kebudayaan. Database Peraturan BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/37642/uu-no-5-tahun-2017
Zahran, R. F., & Ramadhan, T. K. (2021). Penerapan Ragam Hias Batik Mega Mendung Pada Desain Kemasan Botol Air Mineral. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 4(1), 70–75. https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Krishna Arizona, Mukhamad Nurhadi, Lily Fitrianie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









