Program GEPOL (Gerakan Belajar Pola) Membuat Ragam Hias Nusantara

Authors

  • Krishna Arizona Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Lily Fitrianie SDN 002 Samarinda Kota, Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5525

Keywords:

Budaya Nusantara, Globalisasi, Ragam Hias

Abstract

Globalisasi telah membawa dampak besar terhadap cara pandang generasi muda terhadap budaya, termasuk peserta didik di jenjang sekolah dasar. Arus globalisasi yang cepat tetapi tidak diimbangi dengan penguatan identitas budaya lokal akan mengakibatkan menurunnya apresiasi dan kecintaan peserta didik terhadap warisan budaya. Kondisi ini yang dialami oleh peserta didik SDN 002 Samarinda Kota. Kegiatan program GEPOL (Gerakan Belajar Pola) ini melibatkan 88 peserta didik yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air melalui ragam hias tradisional. Kegiatan program ini dilaksanakan dengan tiga tahapan meliputi pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari empat tahap, yakni pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta didik terhadap jenis dan makna ragam hias dan keterampilan. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif sebagai media edukatif untuk memperkuat karakter dan identitas budaya peserta didik dalam menghadapi tantangan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, K., Sugiharto, Pane, A. R., & Ritonga, M. (2024). The Impact of Globalization on Social Development and Culture of Primary School Students. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1), 30–40. https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.34822

Ariya, A. & Ismail. (2025). Filsafat Pendidikan di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang dalam Konteks Multikultural | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1122–1131. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6442

Azizah, N., Hanik, E. U., Pratiwi, S., & Surayya, A. I. (2025). Implementasi Pemakaian Busana Dalam Sekolah Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air di SD Nasima. Jurnal Pendidikan Transformatif, 4(3), 229–239. https://doi.org/10.9000/jupetra.v4i3.2145

Fatonah, R., Irma, I., Maulana, M. Z., & Yasin, M. (2024). Hubungan Masyarakat dan Budaya Lokal dalam Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(01), 41–50. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i01.65

Handayani, A. P., Beng, J. T., Salsabilla, F. T., Morin, S., Ardhia, T. S. S., & Rusli, V. A. (2024). Hilangnya Budaya Lokal di Era Modern dan Upaya Pelestariannya dalam Perspektif Pancasila. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 178–188. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3452

Hayudiyani, M., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Lokal. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 102–109. http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p102

Herdiana, Soedarmo, U. R., & Kusmayadi, Y. (2020). Motif Ragam Hias Dan Nilai-Nilai Filosofis Batik Ciamis. Jurnal Artefak, 7(1), 53–62. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3366

Idawati, Muhklisah, N., Hardianto, H., Hidayah, N., Yuanata, A., & Dahlan, S. (2025). Menganalisis Sekolah Dasar Sebagai Organisasi Pendidikan Sistem Sosial. Journal on Education, 7(2), 11484–11495. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8248

Irmania, E., Trisiana, A., & Sahabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.2970

Nahak, H. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Populix. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Jiwa Nasionalisme Anak Muda. https://info.populix.co/articles/nasionalisme-anak-muda/

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998

Riyani, M., Hanafiah, H., & Kusumawati, D. (2025). Batik Samudra Goes to School: Konservasi Ragam Hias Aceh Berbasis Projek di Sekolah. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 121–130. https://doi.org/10.54259/pakmas.v5i1.3282

Undang-Undang Nomor 5. (2017). Pemajuan Kebudayaan. Database Peraturan BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/37642/uu-no-5-tahun-2017

Zahran, R. F., & Ramadhan, T. K. (2021). Penerapan Ragam Hias Batik Mega Mendung Pada Desain Kemasan Botol Air Mineral. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 4(1), 70–75. https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1101

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Arizona, K., Nurhadi, M., & Fitrianie, L. (2025). Program GEPOL (Gerakan Belajar Pola) Membuat Ragam Hias Nusantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(2), 108–116. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5525

Issue

Section

Articles