Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi System Information School Library Berbasis Website Di SMP Negeri 14 Palaran

Authors

  • Galih Yudha Saputra Program Studi Pendidikan Komputer, Universitas Mulawarman
  • Hanny Puja Novianti Program Studi Pendidikan Komputer, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rizal Nur Wahid Program Studi Pendidikan Komputer, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.4712

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, System Information Library, Website

Abstract

Rendahnya pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan di SMP Negeri 14 Palaran menghambat efisiensi layanan pencatatan, pencarian, dan peminjaman buku. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas petugas perpustakaan dalam mengelola sistem informasi berbasis website. Metode pelaksanaan meliputi perencanaan dengan koordinasi awal bersama pihak sekolah, pelaksanaan berupa pelatihan dan praktik langsung implementasi sistem, evaluasi melalui pre-test dan post-test, serta refleksi melalui diskusi dan wawancara. Kegiatan ini melibatkan tiga peserta dan dilaksanakan selama dua hari pada bulan September 2024. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta hingga 85% dalam mengoperasikan sistem. Penggunaan sistem SLiMS memberikan dampak signifikan dalam efisiensi pengelolaan perpustakaan. Kegiatan ini mendukung upaya penguatan literasi digital dan transformasi perpustakaan sekolah abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, V. A., Rodin, R., & Amrullah, A. K. (2024). Bentuk Perpustakaan Interaktik Pustakawan Sesuai Kode Etik Pustakawan. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 6(1), 1-7.

Dewi, A., Permadhani, A. T., Safitri, I., Aryanti, L. R., & Lestari, S. (2024). Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis, 1, 604–609. https://ojs.udb.ac.id/index.php/Senatib/article/view/4661

Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), Article 1.

Jaya, I. N. S. (2024). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Informasi bagi Pemustaka. Media Sains Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 95-104.

Kasmirin, A. R. (2016). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus SMAN 1 Penengahan). Skripsi: Universitas Lampung. https://digilib.unila.ac.id/22386/

Kristanto, A. (2004). Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar). Yogyakarta: Gava Media.

Salaki, R. J., Palilingan, K. Y., Lengkong, S. P., Akay, Y. V., Mapaly, H. A., & Kainde, H. V. (2021). Web Performance Analytics: WebQEM in Academic Portal. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 10(1), 17-26. https://doi.org/10.35793/jtek.v10i1.32368

Suwarno, W. (2016). Organisasi Informasi Perpustakaan, pendekatan teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Saputra, G. Y. ., Novianti, H. P., & Wahid, M. R. N. (2025). Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi System Information School Library Berbasis Website Di SMP Negeri 14 Palaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.4712

Issue

Section

Articles