Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Metode Asy-Syafi’i Di Rumah Qur’an Hanzah

Authors

  • Miftah Aulia Rahmi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustanti Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4325

Keywords:

Metode Asy-Syafi'i, Pembelajaran Al-Qur'an, Santri

Abstract

Tujuan pendampingan ini adalah untuk mengenalkan huruf hijaiyah, mengajarkan sifat dan hukum bacaan Al-Qur’an, serta membantu anak-anak dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang benar. Pendampingan dilakukan bagi anak-anak di Kelurahan Air Sengak dan sekitarnya, yang dilaksanakan di Rumah Qur’an Hanzah dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i. Metode Asy-Syafi’i menerapkan pendekatan sistematis dan bertahap, dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah hingga penguasaan tajwid dan makhraj. Pendampingan ini juga menerapkan metode Asset-Based Community Development (ABCD), yang meliputi langkah-langkah identifikasi aset, mobilisasi aset, kolaborasi, implementasi program, dan evaluasi. Metode ini menekankan pemanfaatan potensi dan aset lokal untuk memperkuat hasil pendampingan. Hasil menunjukkan bahwa metode Asy-Syafi’i efektif dalam meningkatkan motivasi anak, kemampuan membaca Al-Qur’an, dan pemahaman tajwid secara signifikan. Secara spesifik, terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 85% dan pemahaman tajwid sebesar 90%, sehingga anak-anak dapat membaca dan menghafalkan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, I. (2022). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an. Suka Press.

Arief, S. (2022). Ulumul Qur’an Untuk Pemula. Universitas PTIQ Jakarta.

Arifah, S. A., Nurhasanah, & Suryandari, M. (2024). Pentingnya Penerapan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Pada Kegiatan KKN di Mahad Al-Zaytun. Journal of Social Economics Research, 5(2), 1335–1343. https://doi.org/https:/doi.org/10.54783/jser.v5i2.225

Asnawi, A. R., Abdurrahman, M., Faritzi, M. R. A., Rizqi, A. F., Sabilillah, M., Arifin, A. H. F., Syapriani, M. R., & Syaputra, R. N. (2-23). Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Asy-Syafi’i Di Madrasah Ibtidaiyah Mumtaz Ponorogo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 142–148. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12089

Chamidi, A. S., Kurniawan, B., & Soleh, A. N. (2023). Pendekatan ABCD dan Manajemen. Yayasan Wiyata Bastari Samasta.

Daryanes, F. (2022). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Pada Era Modern Di Desa Langgam Kabupaten Pelalawan Riau. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 15–26. https://10.0.85.71/jpka.v13i1.47013

Habil, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Dimadrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Babussalam Desa Kotodua. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i1.2034

Kurnaedi, A. Y. (2014). Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Syafi’i.

Luthfi, R. (2024). Analisis Al-Qur’an Surat Al-Hujurat [49]:13 Sebagai Kritik Terhadap Diskriminasi Pendidikan Perempuan. Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, 4(2), 163-182. https://doi.org/10.70143/integratif.v4i2.284

Mappanyompa, H.-. (2021). Dampak Penerapan Metode Asy-Syafi’i Dalam Pembelajaran Tahsin Al Qur’an. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5196

Muhammadong, Usman, A., & Ansyari, H. (2019). Pelatihan Metode Membaca Al-Qur’an Berbasis Qiraah Asy-Syafi’i Bagi Mahasiswa FIK UNM. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/7767

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95-108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861

Safitri, M. (2022). Keefektifan metode Asy-syafi’i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mufassir Bandung. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Setiawan, R. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Qur’an Edu Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2, 225-228. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1125

Sondari, E. S., & Anwar, C. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Hijri, 11(2), 124-134. http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i2.12815

Syafei, A., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2020). Pengaruh Khatam Al-Qur’an dan Bimbingan Guru terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTS Nurul Ihsan Cibinong Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 131-150. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i2.116

Syahfrizal, D., Harefa, A. I., Akbar, H., & Isroq, A. (2024). Mukjizat Rasulullah Berupa Al – Qur’an: Studi Ijaz Al – Qur’an. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 77–90. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.524

Syukran, A. S. S. A. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21

Yanggo, H. T. (2016). Al-Qur’an Sebagai Mukjizat Terbesar. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 1(2), 1–26.

Zulriantoni, A., Ridwan, A., Fazriyah, H., A, M. W., Andini, S., Sarifudin, A., & Najmudin, D. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ bil Qalam pada Masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. Al-Mufidah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49-54.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Rahmi, M. A., Kustanti, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2025). Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Metode Asy-Syafi’i Di Rumah Qur’an Hanzah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(1), 60–71. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4325

Issue

Section

Articles