Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Topik Energi Terbarukan Di SMAN 10 Samarinda

Authors

  • Nurul Fitriyah Sulaeman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Achmad Muhtadin Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Atin Nuryadin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Regina Bilqis Wardani Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4191

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Energi Terbarukan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi kesulitan guru dan mayoritas peserta didik dalam pembelajaran fisika yang berdiferensiasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam mengeksplorasi gaya belajar peserta didik serta responnya terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada materi energi terbarukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendampingan. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan yaitu: 1) tes gaya belajar, 2) kegiatan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar, dan 3) observasi dan refleksi. Sasaran kegiatan pembinaan ini adalah 1 orang guru dan 35 peserta didik pada mata pelajaran fisika. Hasil kegiatan ditunjukkan dengan hasil belajar siswa melalui assessment of learning dan assessment for learning. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan peserta sudah memahami gaya belajar serta memiliki refleksi yang positif terhadap pembelajaran berdiferensasi. Hasil wawancara menunjukkan pembelajaran diferensiasi pada proses pendampingan telah meliputi, diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Respon guru dan peserta didik menunjukkan mereka merasa terbantu dengan adanya pendampingan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiandra, D., Riswan, J., Supriyadi, Sani, S., Annisa Muharromah, Lupia, & Septiana, D. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. JPPM: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 27–35. https://doi.org/10.29303/jppm.v7i1.6190

Alhafiz, N. (2021). Nalisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133-1142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203

Burhanudin, Pramesti, S. L. D., & Falasyifa, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Strategi REACT untuk Mengembangkan Kecakapan Numerasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 28–29. https://doi.org/10.28918/circle.v3i1.333

Hanggara, Y., & Suhardi, R. M. (2016). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Dimensi, 5(3), 1-13. https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.61

Irawan, M. R., Ramadhan, B. S. B., Subagiyo, L., & Sulaeman, N. F. (2024). Reflection of Pre-Service Physics Teacher on The Implementation of The New Indonesia Curriculum. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 4(1), 44-48. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v4i1.9173

Kemendikbudristek. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan. http://peraturan.bpk.go.id/Details/281847/permendikbudriset-no-12-tahun-2024

Komariyah, L., Sulaeman, N. F., & Nuryadin, A. (2024). Strengthening Teacher Competencies in the Era of Independent Curriculum through the Implementation of Change Management. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 366–374. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i2.11295

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961–4970. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478

Mahdiannur, M. A., Erman, Martini, Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Eksplorasi Pengetahuan Guru IPA SMP Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka: Pengukuran Berdasarkan Complex Multiple-Choice Survey. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 295-310. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1812

Ndiung, S., Jediut, M., & Nendi, F. (2023). The Differentiated Teaching Module Development to Realize Pancasila Student Profile on the Sekolah Penggerak Curriculum. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 157–164. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.48005

Porter, B. D., & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning. Mizan Publika.

Rahmahtrisilvia, Setiawan, R., Sopandi, A. A., Fatmawati, Zulmiyetri, Iswari, M., Marlina, M., & Safaruddin, S. (2022). Validasi Buku Referensi Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum Autism (GSA) Pasca Pengukuran Quantitative Electroencephalography (QEEG). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1281-291. https://doi.org/10.29210/020221191

Sada, S. H., Astuti, E. W., & Astutik, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI PM 1 dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.58

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Sulaeman, N. F., Muhtadin, A. ., Nuryadin, A. ., & Wardani, R. B. (2025). Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Topik Energi Terbarukan Di SMAN 10 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4191

Issue

Section

Articles