Sosialisasi Biasakan Bertutur Kata Baik Dalam Beraktivitas Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4112Keywords:
Bertutur Kata, Iklim Belajar, SosialisasiAbstract
Banyaknya fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini mencerminkan merosotnya etika bertutur kata yang baik, dalam kegiatan belajar mengajar dan interaksi sosial di sekolah. Penggunaan bahasa yang kasar, tidak sopan, atau bertentangan dengan norma sosial dapat mengganggu proses belajar mengajar, merusak hubungan antar siswa, dan merusak suasana sekolah yang harmonis. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar siswa menyadari pentingnya bertutur kata yang mencerminkan akhlak yang terpuji. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada siswa di lingkungan sekolah, dengan metode yang digunakan berupa pemberian materi edukasi, permainan interaktif, dan demonstrasi hasil karya siswa. Ketika siswa berpartisipasi dalam kegiatan ini, mereka menciptakan iklim belajar yang aman dan suasana harmonis di sekolah serta mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang etika bertutur kata yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% memiliki pemahaman tinggi, 24% memiliki pemahaman sedang, dan 1% memiliki pemahaman rendah.
Downloads
References
Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School well-being di Indonesia: Telaah Literatur. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(3), 223–228.
Biduri, M., Akhir, M., & Rahmatiah. (2023). Dampak Media Sosial (TikTok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.205
Dewi, N. N. (2024). Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat bagi Generasi Z. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 63–68. https://doi.org/10.56393/decive.v4i2.2071
Fitrah, M., Suranto, S., Wening, S., & Jayanti, M. I. (2023). Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Dengan Pendekatan Evaluasi Goal Free Terhadap Integrasi Sosial, Kesejahteraan Emosional, Dan Kepuasan Siswa. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 120-134. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v7i2.2000
Insaniyah, S., Syarif, M., & Saifuddin. (2024). Peran Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Etika Bertutur Kata Siswa. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 12-21. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i4.2479
Juniarti, C. E. (2023). Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Yang Sukses. Universitas Riau.
Latipah, S. R. N., Fitriyani, S. R., & Ghani, A. N. A. (2024). Optimalisasi Kinerja OSIS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Sirojul Huda Desa Rancapanggung. Proceedings : UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2024
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1), 5–22. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1596077
Malay, N. M. (2022). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet Pada Kalangan Mahasiswa Kelas A, B, C, dan D Angkatan 2021 Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusa Cendana. Jurnal Lazuardi, 5(1), 70-88. https://doi.org/10.53441/jl.Vol5.Iss1.72
Munthe, J. (2021). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Mahasiswa PPKn STKIP Labuhanbatu. CIVITAS (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 7(2), 36-40. https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.3207
Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. PRISMA, 11(1), 82-92. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2000
Rohayati, N., Dimala, C. P., & Aisha, D. (2023). Peran Dukungan Sosial Dan Optimisme Terhadap School Well- Being Pada Remaja. PSYCHOPEDIA : Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 8(1), 65-76. https://doi.org/10.36805/psychopedia.v8i1.5545
Santosa, A. B., & Zuhaery, M. (2021). Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 84–89. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(1).7552
Shiddiq, R. (2021). Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karekater Siswa (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Tjahyanti, L. P. A. S. (2020). Pendeteksian Bahasa Kasar (Abusive Language) Dan Ujaran Kebencian (Hate Speech) Dari Komentar Di Jejaring Sosial. Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas, 7(2), 47–60. https://doi.org/10.37637/dw.v7i2.248
Yusro, A. E., Ysh, A. S., & Setianingsih, E. S. (2023). Analisis Media Sosial Tiktok Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Kelas V SDN Langenharjo 02 Pati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 665-671. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1674
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adiya Rahim Ramadhan, Annisa Ramadhani, Mutia Shilda Yusfa, Nurhadi, Nurlaila Fathimah Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









