Pengembangan Keterampilan Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Akrilik Di SMPN 1 Samarinda

Authors

  • Annabba Putri Nabila Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Atika Yuliana Ichsani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Vivin Nur Kholivah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.3671

Keywords:

Kerajinan Akrilik, Keterampilan, Pelatihan

Abstract

Peningkatan permintaan produk akrilik dan kekurangan tenaga kerja terampil dalam mengolah bahan tersebut telah mendorong dilaksanakannya kegiatan pegabdian ini. Pelatihan pembuatan kerajinan akrilik bagi peserta didik SMP dirancang untuk memberikan keterampilan baru, mengemabngkan kreativitas, menumbuhkan jiwa wirausaha, serta membantu sekolah dalam proyek berkelanjutan. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi penyampaian materi, praktik, bimbingan, dan pengawasan. Langkah-langkah kegiatan ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta didik, sekolah, dan mahasiswa penyelenggara. Peserta didik akan meningkatkan keterampilan, kreativitas,d an jiwa kewirausahaan. Sedangkan sekolah memperoleh keuntungan dengan melesatarikan kegiatan pelatihan akrilik dan membangun komunitas yang kuat. Sementara itu, mahasiswa penyelenggara dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan, disiplin, dan profesionalisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahrudin, A., Amartya, A. G., & Al-Amien, F. (2021). Studi Kasus Form Follows Function dalam Karya Seni Kriya. Ekspresi Seni :Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 254–265. https://doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1332

Prihandini, R. M., & Setiawani, S. (2022). Pendampingan Pengembangan E-LKPD berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Internet of Thing (IoT) sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Digital Guru. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(4), 297–310. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i4.556

Sahadah, S. Z., & Yuliani, Y. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(3), 582–593. https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p582-593

Saragih, M., & Sianipar, H. F. (2021). Penyuluhan Pembuatan Kerajinan Bunga Akrilik Pada Anak Desa Jawa Tonga II untuk Membangun Karakter Entrepreneurship. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 202-210. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.905.

Shawmi, A. N. (2017). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Pembelajaran Sains Di SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240–252. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1295.

Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), 57–74. https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i1.992

Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 276-287. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62088.

Triani, R., & Nurul, F. (2019). Pengembangan Entrepreneurship Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Akrilik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 156–163. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1199.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Nabila, A. P., Ichsani, A. Y. ., & Kholivah, V. N. (2025). Pengembangan Keterampilan Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Akrilik Di SMPN 1 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(1), 10–23. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.3671

Issue

Section

Articles