Pendampingan Pagelaran Seni Teater Bagi Siswa SMAN 1 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3667Keywords:
Pagelaran Seni, Pendampingan, Seni TeaterAbstract
Proses mempersiapkan sebuah pementasan, peserta didik masih terkendala dalam perencanaan, pengorganisasian tim produksi dan evaluasi. Kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya pendampingan dari guru. Pegelaran seni teater sebagai implementasi projek kepemimpinan di SMAN 1 Samarinda bertujuan mengembangkan potensi kepemimpinan, kreativitas, dan keterampilan peserta didik melalui pementasan teater. Mitra yang terlibat dalam kegiatan projek adalah para peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler Teater Dahana dan para panitia perpisahan SMAN 1 Samarinda. Dalam proses pendampingan kegiatan utama, yaitu pemilihan naskah, latihan, koordinasi aktor, penyusunan tata rias, kostum, musik, pencahayaan, pemasaran dan promosi pertunjukan. Kegiatan mencakup rekaman dubbing, latihan teater, dan pengambilan video. Peserta didik menerima arahan serta masukan dalam mengimprovisasi gerakan. Metode yang digunakan dalam projek adalah pembimbingan. Projek ini mengadopsi konsep Project Basedd Learning. Kegiatan ini memberikan kesempatan peserta didik mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja sama, kreativitas, dan rasa tanggung jawab. Melalui pendampingan pagelaran seni teater, peserta didik belajar mengelola diri, memimpin tim, menyelesaikan masalah, serta mengembangkan rasa percaya diri dalam pementasan teater.
Downloads
References
Abdurahman, A., Akbar, R. S., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2024). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran PGSD Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Ramu Bogor. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5695–5703. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30287
Arsyad, M., & Fahira, E. F. (2023). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Eureka Media Aksara.
Azizah, F. K., & Maknun, L. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133
Batubara, L. H., Rangkuti, L. N., & Nst, N. A. (2024). Pendampingan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik SMKS Mitra Mandiri Panyabungan. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 466-472. https://doi.org/10.59837/qyt84w15
Erowati, R., Oktaviani, E., Pitaloka, A., Febrine, E., & Hudaa, S. (2023). Adaptasi Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Kajian Drama Saat Pandemi : Membangun Interkoneksi Dengan Komunitas. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 12(2), 192–206. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i2.5459
Gultom, A., & Fadlina, F. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Naskah Novel Yang Layak Publikasi online Menggunakan Metode Smarter. Bulletin of Computer Science and Information Technology, 1(2), 55-65.
Heryadi, D. A., Harmaen, D., & Triandy, R. (2020). Analisis Unsur Intrinsik Dan Kaidah Kebahasaan Naskah Drama Sepasang Merpati Tua Karya Bakdi Soemanto Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Aksentuasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-13.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 255-263. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.204
Ramli, A. (2021). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng. Publikasi Pendidikan, 11(2), 255-263. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20451
Rifaldi, L. A., Nurilah, Y., Agustina, N. L., Ajwariah, S. R., Abidin, N. F., Nurfadilah, T., Rahman, R., Agarbe, R. T., Fravtie, N., Mansur, M. M., Rusdiansyah, N., & Paulina, E. (2024). Fun Learning Sebagai Upaya Pembelajaran Siswa di Desa Caringin Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(03), 150-157. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i03.244
Sari, P. N. L., Nurochim, M. A., Putra, A. R., Arifin, S., Darmawan, D., Rizky, M. C., Munir, M., & Ikhwanuddin, I. (2024). Gelar Pentas Seni Sebagai Bentuk Memperingati HUT ke 78 Republik Indonesia Desa Suko Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(1), 19-26.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Triadnyani, I. G. A. A. M., Banda, M. M., & Nama, I. K. (2021). Teater Sekolah Ajang Kreativitas Dan Masa Depan Seni Teater. Totobuang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 9(1),105-116. https://doi.org/10.26499/ttbng.v9i1.289
Walukow, M. R., Steward, L. E., Sumual, S. D. M., Sumual, T. E. M., & Mandey, L. J. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif Dan Kreatif Pembelajaran Seni Budaya Studi Kasus: Pentas Seni Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3607–3617. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22999
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herdita Nor Wanda, Inne Marisaa Aryanti, Sinangku Rohmat, Yunita Ainur Rizkiyah, Yusak Hudiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









