Pendampingan Pagelaran Seni Teater Bagi Siswa SMAN 1 Samarinda

Authors

  • Herdita Nor Wanda Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Inne Marisaa Aryanti Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Sinangku Rohmat Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yunita Ainur Rizkiyah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3667

Keywords:

Pagelaran Seni, Pendampingan, Seni Teater

Abstract

Proses mempersiapkan sebuah pementasan, peserta didik masih terkendala dalam perencanaan, pengorganisasian tim produksi dan evaluasi. Kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya pendampingan dari guru. Pegelaran seni teater sebagai implementasi projek kepemimpinan di SMAN 1 Samarinda bertujuan mengembangkan potensi kepemimpinan, kreativitas, dan keterampilan peserta didik melalui pementasan teater. Mitra yang terlibat dalam kegiatan projek adalah para peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler Teater Dahana dan para panitia perpisahan SMAN 1 Samarinda. Dalam proses pendampingan kegiatan utama, yaitu pemilihan naskah, latihan, koordinasi aktor, penyusunan tata rias, kostum, musik, pencahayaan, pemasaran dan promosi pertunjukan. Kegiatan mencakup rekaman dubbing, latihan teater, dan pengambilan video. Peserta didik menerima arahan serta masukan dalam mengimprovisasi gerakan. Metode yang digunakan dalam projek adalah pembimbingan. Projek ini mengadopsi konsep Project Basedd Learning. Kegiatan ini memberikan kesempatan peserta didik mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja sama, kreativitas, dan rasa tanggung jawab. Melalui pendampingan pagelaran seni teater, peserta didik belajar mengelola diri, memimpin tim, menyelesaikan masalah, serta mengembangkan rasa percaya diri dalam pementasan teater.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Akbar, R. S., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2024). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran PGSD Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Ramu Bogor. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5695–5703. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30287

Arsyad, M., & Fahira, E. F. (2023). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Eureka Media Aksara.

Azizah, F. K., & Maknun, L. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133

Batubara, L. H., Rangkuti, L. N., & Nst, N. A. (2024). Pendampingan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik SMKS Mitra Mandiri Panyabungan. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 466-472. https://doi.org/10.59837/qyt84w15

Erowati, R., Oktaviani, E., Pitaloka, A., Febrine, E., & Hudaa, S. (2023). Adaptasi Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Kajian Drama Saat Pandemi : Membangun Interkoneksi Dengan Komunitas. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 12(2), 192–206. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i2.5459

Gultom, A., & Fadlina, F. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Naskah Novel Yang Layak Publikasi online Menggunakan Metode Smarter. Bulletin of Computer Science and Information Technology, 1(2), 55-65.

Heryadi, D. A., Harmaen, D., & Triandy, R. (2020). Analisis Unsur Intrinsik Dan Kaidah Kebahasaan Naskah Drama Sepasang Merpati Tua Karya Bakdi Soemanto Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Aksentuasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-13.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 255-263. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.204

Ramli, A. (2021). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng. Publikasi Pendidikan, 11(2), 255-263. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20451

Rifaldi, L. A., Nurilah, Y., Agustina, N. L., Ajwariah, S. R., Abidin, N. F., Nurfadilah, T., Rahman, R., Agarbe, R. T., Fravtie, N., Mansur, M. M., Rusdiansyah, N., & Paulina, E. (2024). Fun Learning Sebagai Upaya Pembelajaran Siswa di Desa Caringin Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(03), 150-157. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i03.244

Sari, P. N. L., Nurochim, M. A., Putra, A. R., Arifin, S., Darmawan, D., Rizky, M. C., Munir, M., & Ikhwanuddin, I. (2024). Gelar Pentas Seni Sebagai Bentuk Memperingati HUT ke 78 Republik Indonesia Desa Suko Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(1), 19-26.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Triadnyani, I. G. A. A. M., Banda, M. M., & Nama, I. K. (2021). Teater Sekolah Ajang Kreativitas Dan Masa Depan Seni Teater. Totobuang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 9(1),105-116. https://doi.org/10.26499/ttbng.v9i1.289

Walukow, M. R., Steward, L. E., Sumual, S. D. M., Sumual, T. E. M., & Mandey, L. J. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif Dan Kreatif Pembelajaran Seni Budaya Studi Kasus: Pentas Seni Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3607–3617. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22999

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wanda, H. N., Aryanti, I. M., Rohmat, S., Rizkiyah, Y. A., & Hudiyono, Y. (2024). Pendampingan Pagelaran Seni Teater Bagi Siswa SMAN 1 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(2), 151–165. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3667

Issue

Section

Articles