Budidaya Tanaman Sayur Organik Di SDN 007 Sungai Pinang

Authors

  • Emilia Sri Rizki Fauziah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Indah Angela Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Isnaeni Nur Hasmi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mohammad Faturrahman Pratama Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fatir Atfal Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Nabila Nur Annisa Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Noviana sari Simamora Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Nurmilawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Vivania Esa Putri Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yunda Hardiati Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3640

Keywords:

Budidaya, Tanaman Sayur, Organik

Abstract

Budidaya tanaman merupakan usaha pembibitan suatu jenis tanaman dengan cara-cara tertentu. SDN 007 Sungai Pinang merupakan salah satu instansi pendidikan yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung program-program lingkungan hidup, kesehatan, dan pembelajaran praktis bagi peserta didiknya. Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mengajarkan nilai-nilai berkelanjutan, sekolah ini telah berpartisipasi aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan. Dalam pengamatan langsung pada lingkungan sekolah, diidentifikasi bahwa potensi lahan yang tersedia belum dimanfaatkan secara optimal. Meskipun sekolah telah mengambil langkah-langkah menuju keberlanjutan, seperti pengelolaan sampah dan konservasi energi, namun kegiatan budidaya tanaman masih belum tergarap sepenuhnya. Dengan mempertimbangkan potensi lahan yang tersedia dan dukungan dari Kepala Sekolah proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pendidikan dan lingkungan di SDN 007 Sungai Pinang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode penyuluhan dan pelatihan bertanam dengan teknik yaitu mencakup persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan di SDN 007 Sungai Pinang dan diikuti oleh beberapa peserta didik perwakilan dari setiap kelas sebanyak 20 peserta didik. Hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan Budidaya Tanaman Sayur Organik di SDN 007 Sungai Pinang yaitu peserta didik mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari penyampaian materi oleh narasumber terkait teknik budidaya sayuran organik serta dapat melakukan praktik langsung dengan menanam sayuran organik di lahan greenhouse yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan atau lokasi budidaya tanaman organik dengan teknik media tanam polybag atau sejenisnya, sehingga dari kegiatan budidaya tanaman ini peserta didik dapat belajar menciptakan suasana yang asri dan menyenangkan, serta mengembangkan lahan hijau di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzi, A., Dewi, P. S., Cahyani, W., & Hadi, S. N. (2021). Penerapan Hidroponik dan Pascapanen Sayuran pada Orang Tua Siswa SDN Karangsalam Kabupaten Banyumas. Panrita Abdi, 5(1), 67–79.

Jannah, W., & Dirawan, A. (2022). Budidaya Sayuran Organik Dalam Pemanfaatan Pekarangan Masyarakat di Dusun Lantan Duren. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 34–39. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v2i2.187

Linda, J., Papada, A. T. A. N., Sari, P. A., Mudhiah, & Jamardin, W. A. (2024). Optimalisasi Pemanfaatan Green House Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Barru. Journal Lepa-Lepa Open, 4(3), 501-508.

Lindi, P., Haryanto, S., & Faisal, V. I. A. (2023). Pemanfaatan Green House Kembang Harapan Untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan di Mi Ma’Arif Gondang Watumalang. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 50-58. https://doi.org/10.51875/jispe.v4i1.211

Pamela, I. S., & Prasetiawan, F. (2022). Pemanfaatan Greenhouse Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Muatan Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(4), 479-490. https://doi.org/10.31538/almada.v5i4.2733

Paramitha, A., Musa, M., & Nur, M. N. K. (2022). Pendampingan Budidaya Sayuran Organik Siswa Siswi Cendika Bangsa. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v1i2.1908

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31-54. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96

Yuniwati, E. D., Darmayanti, R., & Farooq, S. M. Y. (2023). How is organic fertilizer produced and applied to chili and eggplant plants? AMCA Journal of Community Development, 3(2), 88-94. https://doi.org/10.51773/ajcd.v3i2.300

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Fauziah, E. S. R., Angela, I., Hasmi, I. N., Pratama, M. F., Atfal, M. F., Annisa, N. N., Simamora, N. sari, Nurmilawati, N., Putri, V. E., & Hardiati, Y. (2024). Budidaya Tanaman Sayur Organik Di SDN 007 Sungai Pinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(2), 142–150. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3640

Issue

Section

Articles