Edukasi Anti Bullying Melalui Kegiatan Sosialisasi Perlombaan Bagi Peserta Didik Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu

Authors

  • Abduh Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Adinda Miftakhul Sholehah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ananda Pitaloka Oktaviani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Belinda Oktafinur Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Deby Uli Christmarry Sijabat Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ike Yulia Kurniawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Nurma Eka Safitri Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Rizky Firmansyah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Siwi Sri Setiani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Wina Lai' Mandi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3638

Keywords:

Anti Bullying, Edukasi, Sosialisasi

Abstract

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) merilis catatan akhir tahun (Catahu) Pendidikan 2023 bahwa kasus bullying di satuan pendidikan sepanjang tahun 2023 mencapai 30 kasus. Dari 30 kasus tersebut, 30% terjadi di jenjang SD/sederajat. Salah satu kejadiannya di wilayah Kalimantan Timur tepatnya di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh bahwa di SDN 007 Samarinda Ulu juga kerap terjadi kasus bullying antar siswa. Oleh karena itu, melalui projek “Bully No More, Friendship Forever” ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap isu bullying di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dengan narasumber ahli di bidang bimbingan konseling dan lomba dengan guru menjadi jurinya. Dilaksanakan di SDN 007 Samarinda Ulu, oleh siswa-siswi kelas V yang berjumlah 106 orang. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan survey kepuasan. Hasil yang telah dicapai menunjukkan bahwa 94,6% siswa kelas V telah memperoleh pengetahuan baru tentang perundungan atau bullying. Respon peserta terhadap kegiatan positif, dan antusias mereka cukup tinggi atas kegiatan yang telah dilakukan sebesar 87%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, T. P., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 205-219. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7705

Najwa, L., Aryani, M., Suhardi, M., Purmadi, A., & Garnika, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(4), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400

Sundra, H., Zulkarnain, Z., & Saepudin. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak Di Lingkungan Pasar Tradisional Panorama Kota Bengkulu. GHAITSA : Islamic Education Journal, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v4i2.524

Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Ar-Ruzz Media. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=313640

Yunistita, Wahyuni, R., Sihotang, H. N. J., & Sembiring, E. P. B. D. B. (2022). Penyuluhan pada Siswa SD Negeri 024868, Binjai Barat Mengenai Pencegahan dan Cara Menghadapi Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 161–166. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i4.827

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Abduh, A., Sholehah, A. M., Oktaviani, A. P., Oktafinur, B., Sijabat, D. U. C. ., Kurniawati, I. Y. ., Safitri, N. E., Firmansyah, R., Setiani, S. S., & Mandi, W. L. (2024). Edukasi Anti Bullying Melalui Kegiatan Sosialisasi Perlombaan Bagi Peserta Didik Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu . Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(2), 131–141. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3638

Issue

Section

Articles