Edukasi Anti Bullying Melalui Kegiatan Sosialisasi Perlombaan Bagi Peserta Didik Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3638Keywords:
Anti Bullying, Edukasi, SosialisasiAbstract
Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) merilis catatan akhir tahun (Catahu) Pendidikan 2023 bahwa kasus bullying di satuan pendidikan sepanjang tahun 2023 mencapai 30 kasus. Dari 30 kasus tersebut, 30% terjadi di jenjang SD/sederajat. Salah satu kejadiannya di wilayah Kalimantan Timur tepatnya di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh bahwa di SDN 007 Samarinda Ulu juga kerap terjadi kasus bullying antar siswa. Oleh karena itu, melalui projek “Bully No More, Friendship Forever” ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap isu bullying di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dengan narasumber ahli di bidang bimbingan konseling dan lomba dengan guru menjadi jurinya. Dilaksanakan di SDN 007 Samarinda Ulu, oleh siswa-siswi kelas V yang berjumlah 106 orang. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan survey kepuasan. Hasil yang telah dicapai menunjukkan bahwa 94,6% siswa kelas V telah memperoleh pengetahuan baru tentang perundungan atau bullying. Respon peserta terhadap kegiatan positif, dan antusias mereka cukup tinggi atas kegiatan yang telah dilakukan sebesar 87%.
Downloads
References
Anggraeni, T. P., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 205-219. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7705
Najwa, L., Aryani, M., Suhardi, M., Purmadi, A., & Garnika, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(4), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400
Sundra, H., Zulkarnain, Z., & Saepudin. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak Di Lingkungan Pasar Tradisional Panorama Kota Bengkulu. GHAITSA : Islamic Education Journal, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v4i2.524
Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Ar-Ruzz Media. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=313640
Yunistita, Wahyuni, R., Sihotang, H. N. J., & Sembiring, E. P. B. D. B. (2022). Penyuluhan pada Siswa SD Negeri 024868, Binjai Barat Mengenai Pencegahan dan Cara Menghadapi Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 161–166. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i4.827
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abduh, Adinda Miftakhul Sholehah, Ananda Pitaloka Oktaviani, Belinda Oktafinur, Deby Uli Christmarry Sijabat, Ike Yulia Kurniawati, Nurma Eka Safitri, Rizky Firmansyah, Siwi Sri Setiani, Wina Lai' Mandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









