Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Di SDN 008 Samarinda Ulu

Authors

  • Apnita Linda Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Asmita Yati Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Atikah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Dinawaty Samosir Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Dina Yuliana Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Erika Dea Fitri Rahayu Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Junefra Telnoni Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Lidia Bemi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ridha Nabila Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Wahyuni Reski Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Azainil Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3631

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, TPACK

Abstract

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi guru SDN 008 Samarinda Ulu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar peserta didik, meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung pembelajaran berbasis teknologi, serta memfailitasi pembelajaran diferensial. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah pendekatan kolaboratif antara mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Mulawarman dan guru SDN 008 Samarinda Ulu, yang dalam hal ini mahasiswa PPG Universitas mulawarman memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 008 Samarinda Ulu, dengan peserta berjumlah 15 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk menilai keberhasilan, implementasi dan memberikan umpan balik untuk perbaikan lebih lanjut. Evaluasi ini dilakukan dengan memberikan kuisioner secara tertutup dengan 8 pertanyaan. Dari hasil kuisioner diperoleh sebanyak 87% peserta sudah mampu membuat media pembelajaran berbasis TPACK dengan aplikasi quizziz dan liverworksheet. ​

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, F. F., Syadila, A. R., Ramdaniyah, F. N., Nurfauziah, Y., & Nuryadin, A. (2024). The Development of Liveworksheets-Based E-Worksheet for Plane Shapes Learning in Fourth Grade Elementary School. Journal on Education, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.4967

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336-348. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6800

Putri, I. A. & Harinaredi. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK Di Era 4.0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar | Jurnal Elementaria Edukasia. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333

Raihanah, D., Putri, N. M., Fatmawati, T. K., & Nurjayadi, M. (2024). Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Ability for Prospective Chemistry Teacher Students and Chemistry Teachers: A Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 19(1), 67–74. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i1.6395

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236

Surahman, Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 3(2), 376–387. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.667

Untu, Z., Rizki, N. A., Azainil, A., & Fendiyanto, P. (2024). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SDN 004 Sambutan. Madaniya, 5(2), 509-516. https://doi.org/10.53696/27214834.800

Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 3(3), 64–72. https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4088

Yana, A. U., Koes-H, S., Taufiq, A., & Kusairi, S. (2022). Online-Based Assessment of Students’ Conceptual Understanding of Energy and Momentum Using Quizizz. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012011

Zhang, W., & Tang, J. (2021). Teachers’ TPACK Development: A Review of Literature. Journal of Social Sciences, 9(7), 11-19. https://doi.org/10.4236/jss.2021.97027

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Linda, A., Yati, A., Atikah, A., Samosir, D., Yuliana, D., Rahayu, E. D. F., Telnoni, J., Bemi, L., Nabila, R., Reski, W., & Azainil, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Di SDN 008 Samarinda Ulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i2.3631

Issue

Section

Articles