Pendampingan Manajemen Referensi Zotero Bagi Guru Dalam Rangka Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah

  • Rusdiana Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Auliaul Fitrah Samsuddin Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Ikmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Zainuddin Untu Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Tri Widyasari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Pengabdian, Manajemen Referensi, Zotero

Abstract

Salah satu kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru adalah menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Kegiatan pendampingan manajemen referensi dalam hal ini Zotero dilakukan untuk menjawab kebutuhan guru dalam hal keterbatatsan pengelolaan kepustakaan dan membuat daftar pustaka. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru dalam menggunakan manajemen referensi Zotero. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023. Mitra pengabdian adalah guru SMPN 2 Sepaku yang berjumlah 24 peserta. Metode pendampingan yang digunakan adalah penyampaian materi dan praktik penggunaan Zotero. Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama satu hari. Hasil pengabdian ini adalah guru dapat menggunakan aplikasi Zotero dalam pengelolaan referensi dan dapat membuat daftar pustaka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Vol 9 No 1, 59-65. doi: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457

Aina, M., Bambang, H., Sb, R., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:192685621

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2020). Pendampingan dan Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Mendeley Bagi Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%p.3389

Larasati, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengoperasikan Reference Management Software Zotero Dan End-Note Untuk Guru SMKN 6 Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.15777

Munasir, M., Jatmiko, B., Dwikoranto, D., & A, H. R. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se-UPTD Pendidikan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p119-125

Ovadia, S. (2011). Managing Citations With Cost-Free Tools. Behavioral & Social Sciences Librarian, 30, 107–111. https://doi.org/10.1080/01639269.2011.565408

Sandika, I. K. B., Wijaya, I. N. S. W., & Pratama, I. P. A. (2019). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Dan Mendeley untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis Bagi Guru di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), Article 2.

Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839

Published
2024-06-13
How to Cite
Rusdiana, Samsuddin, A. F., Ikmawati, Untu, Z., & Widyasari, T. (2024). Pendampingan Manajemen Referensi Zotero Bagi Guru Dalam Rangka Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 59-64. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3582
Section
Articles