Pengaruh Penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak SMP Negeri Kota Samarinda
Keywords:
e-learning, e-rapor, platform Merdeka Mengajar, kinerja guruAbstract
Penggunaan teknologi di sekolah terus berkembang setiap saat, hal ini berdampak pada guru yang dituntut untuk mampu bersaing melalui berbagai upaya dan inovasi. Program sekolah penggerak ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara holistic, yang diawali dengan adanya pelatihan dan pendampingan khusus untuk meningkatkan kinerja guru, termasuk pemahaman akan teknologi informasi. Adapun sasaran yang ingin didapat dalam penelitian adalah untuk mempelajari dampak penggunaan aplikasi E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda yang melibatkan lebih dari satu variabel bebas dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 112 guru dari total populasi sebanyak 156 orang. Pendekatan analisis data yang diterapkan melibatkan statistik deskriptif dan regresi linear berganda yang diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara terpisah memiliki pengaruh signifikan berkaitan dengan kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda dengan nilai koefisien berturut-turut sebesar 0.363, 0.413, dan 0.206. Adapun penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara bersamaan juga menunjukkan pengaruh signifikan berkaitan dengan kinerja guru melalui hasil koefisien determinasi R Square sebesar 0,459 (45,9%).
Downloads
References
Ajiatmojo, A. (2021). Penggunaan E-Learning pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/article/view/525
Aprilianti, B. N., Rhahmadiahti, F. P., Setianingrum, B. E., Pradana, I. A., Wulandari, Y., & Kurniawan, I. A. (2023). Penerapan Sistem Informasi E-Raport pada Sekolah di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(1), 48–55. https://doi.org/10.24036/jmiap.v5i1.586
Dewi, Z. R. (2024). Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2916
Fong, R., & Adiya, M. H. (2022). Sistem E-Raport Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru di TK Dharma Loka I Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 4(2), 55–60.
Hayat, Z., Heriwibowo, D., & Nurjadin, D. R. (2024). Pemanfaatan Inovasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kinerja Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 324–330. https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1293
Hayati, Suarman, & Suanto, E. (2024). Pengaruh Penguasaan Literasi Digital dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru dalam Penggunaan E-Raport. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 486–500.
Ibrahim, Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1), 1–15. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/1128
Imansari, N., & Kholifah, U. (2023). Metodologi Penelitian untuk Pendidikan Kejuruan (N. Imansari, Ed.). UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.
Iptian, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 72–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/3995
Kasmini, L. (2024). Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Rayon 2 Aceh Selatan. R2J, 6(4). https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4
Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109–117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213
Latip, A., Saputra, F. A., Usman, A., Al Basmelah, M., & Pratomo, H. W. (2024). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Pengembangan Profesionalisme Guru secara Berkelanjutan. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi Dan Sosial Budaya, 30(1), 181–188. https://doi.org/10.33503/paradigma. v30i1.451
Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1). https://jurnal.unigal.ac.id/adpen/article/view/145
Miftachurohmah, N., Tanjung, T., Kasim, R. A., Alfit, I., & Azila, D. N. (2024). Analisis Anteseden E-Learning, Kesiapan Digital dan Perilaku Penggunaan terhadap Kinerja E-Learning. Jurnal Pendidikan Tarapan, 02, 10–24. https://journal.diginus.id/JUPITER/article/view/224
Muvid, M. B., Lestari, L. P., Efendi, Y., Yummah, S., Suryaningsih, Sa’diyah, H., Kennedy, P. S. J., Ummah, F. S., Adika, D., Susanti, A. I., & Teddywono, I. (2024). Dgitalisasi Pendidikan Upaya Mengembangkan Inovasi Pembelajaran di Tengah Fenomena Artificial Intelligence. CV. Global Aksara Pers.
Najib, M. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja KaryawanPada PT. Hevea Bumi Sriwijaya. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 204–2017. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/3421
Nidhom, M. M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Efektifitas Kinerja Guru dengan Kedisiplinan sebagai Variabel Intervening di SD Plus Al-Kautsar Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Novayanti, N., Warman, W., & Dwiyono, Y. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 151–160. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2965
Nugroho, E. P. A., & Hidayati, D. (2023). Implementasi Program Digitalisasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Mutu Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Academy of Education Journal, 14(2), 1535–1546. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1879
Prasetyo, A. B., & Mujidin. (2023). Peran Persepsi Pendidik Pada E-Learning Dan Penerapan Media E-Learning Terhadap Kinerja Pendidik Di Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 4(3), 391–400. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i3.208
Ristiana, H., Widodo, J., Wahyudin, A., & Suminar, T. (2023). Peran Program Sekolah Penggerak dalam Menghadapi Transformasi Global. Prosiding Pascasarjana Unnes, 337–349. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2144
Sadriani, A., Ahmad, M., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. 32–37. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/article/view/431
Setiawan, D. L. B., Astuti, S. E., & Riyadi, R. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Kinerja Dosen Dalam Kegiatan Mengajar (Studi pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 19(1). https://media.neliti.com/media/publications/85452-ID-pengaruh-penggunaan-e-learning-terhadap.pdf
Siagian, M., Mudjisusatyo, Y., & Pangaribuan, W. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Program Merdeka Belajar: Studi Kasus Pada Implementasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Pengelolaan Kinerja Guru Dan Kepala Sekolah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 601–611.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Suhayati, I., & Dewi, K. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Lingkungan Gugus 2 Kecamatan Singaparna. Jurnal Pesantren Dan Madrasah, 3(2), 80–87. https://jurnal.pustakaturats.com/index.php/pesan-trend/article/view/23
Sutarsih, W., & Haryati, T. (2024). Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/2810
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqi Amrullah, Masrur Yahya, Sudarman Sudarman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.










