Pengaruh Penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak SMP Negeri Kota Samarinda

Authors

  • Rizqi Amrullah Universitas Mulawarman
  • Masrur Yahya Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman

Keywords:

e-learning, e-rapor, platform Merdeka Mengajar, kinerja guru

Abstract

Penggunaan teknologi di sekolah terus berkembang setiap saat, hal ini berdampak pada guru yang dituntut untuk mampu bersaing melalui berbagai upaya dan inovasi. Program sekolah penggerak ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara holistic, yang diawali dengan adanya pelatihan dan pendampingan khusus untuk meningkatkan kinerja guru, termasuk pemahaman akan teknologi informasi. Adapun sasaran yang ingin didapat dalam penelitian adalah untuk mempelajari dampak penggunaan aplikasi E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda yang melibatkan lebih dari satu variabel bebas dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 112 guru dari total populasi sebanyak 156 orang. Pendekatan analisis data yang diterapkan melibatkan statistik deskriptif dan regresi linear berganda yang diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara terpisah memiliki pengaruh signifikan berkaitan dengan kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda dengan nilai koefisien berturut-turut sebesar 0.363, 0.413, dan 0.206. Adapun penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara bersamaan juga menunjukkan pengaruh signifikan berkaitan dengan kinerja guru melalui hasil koefisien determinasi R Square sebesar 0,459 (45,9%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizqi Amrullah, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: rizqi.amrullah07@gamil.com

Masrur Yahya, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: masruryahyaalwi@gmail.com

Sudarman Sudarman, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: sudarman@fkip.unmul.ac.id

References

Ajiatmojo, A. (2021). Penggunaan E-Learning pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/article/view/525

Aprilianti, B. N., Rhahmadiahti, F. P., Setianingrum, B. E., Pradana, I. A., Wulandari, Y., & Kurniawan, I. A. (2023). Penerapan Sistem Informasi E-Raport pada Sekolah di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(1), 48–55. https://doi.org/10.24036/jmiap.v5i1.586

Dewi, Z. R. (2024). Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2916

Fong, R., & Adiya, M. H. (2022). Sistem E-Raport Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru di TK Dharma Loka I Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 4(2), 55–60.

Hayat, Z., Heriwibowo, D., & Nurjadin, D. R. (2024). Pemanfaatan Inovasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kinerja Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 324–330. https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1293

Hayati, Suarman, & Suanto, E. (2024). Pengaruh Penguasaan Literasi Digital dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru dalam Penggunaan E-Raport. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 486–500.

Ibrahim, Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1), 1–15. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/1128

Imansari, N., & Kholifah, U. (2023). Metodologi Penelitian untuk Pendidikan Kejuruan (N. Imansari, Ed.). UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.

Iptian, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 72–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/3995

Kasmini, L. (2024). Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Rayon 2 Aceh Selatan. R2J, 6(4). https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4

Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109–117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213

Latip, A., Saputra, F. A., Usman, A., Al Basmelah, M., & Pratomo, H. W. (2024). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Pengembangan Profesionalisme Guru secara Berkelanjutan. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi Dan Sosial Budaya, 30(1), 181–188. https://doi.org/10.33503/paradigma. v30i1.451

Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1). https://jurnal.unigal.ac.id/adpen/article/view/145

Miftachurohmah, N., Tanjung, T., Kasim, R. A., Alfit, I., & Azila, D. N. (2024). Analisis Anteseden E-Learning, Kesiapan Digital dan Perilaku Penggunaan terhadap Kinerja E-Learning. Jurnal Pendidikan Tarapan, 02, 10–24. https://journal.diginus.id/JUPITER/article/view/224

Muvid, M. B., Lestari, L. P., Efendi, Y., Yummah, S., Suryaningsih, Sa’diyah, H., Kennedy, P. S. J., Ummah, F. S., Adika, D., Susanti, A. I., & Teddywono, I. (2024). Dgitalisasi Pendidikan Upaya Mengembangkan Inovasi Pembelajaran di Tengah Fenomena Artificial Intelligence. CV. Global Aksara Pers.

Najib, M. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja KaryawanPada PT. Hevea Bumi Sriwijaya. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 204–2017. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/3421

Nidhom, M. M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Efektifitas Kinerja Guru dengan Kedisiplinan sebagai Variabel Intervening di SD Plus Al-Kautsar Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Novayanti, N., Warman, W., & Dwiyono, Y. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 151–160. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2965

Nugroho, E. P. A., & Hidayati, D. (2023). Implementasi Program Digitalisasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Mutu Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Academy of Education Journal, 14(2), 1535–1546. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1879

Prasetyo, A. B., & Mujidin. (2023). Peran Persepsi Pendidik Pada E-Learning Dan Penerapan Media E-Learning Terhadap Kinerja Pendidik Di Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 4(3), 391–400. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i3.208

Ristiana, H., Widodo, J., Wahyudin, A., & Suminar, T. (2023). Peran Program Sekolah Penggerak dalam Menghadapi Transformasi Global. Prosiding Pascasarjana Unnes, 337–349. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2144

Sadriani, A., Ahmad, M., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. 32–37. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/article/view/431

Setiawan, D. L. B., Astuti, S. E., & Riyadi, R. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Kinerja Dosen Dalam Kegiatan Mengajar (Studi pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 19(1). https://media.neliti.com/media/publications/85452-ID-pengaruh-penggunaan-e-learning-terhadap.pdf

Siagian, M., Mudjisusatyo, Y., & Pangaribuan, W. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Program Merdeka Belajar: Studi Kasus Pada Implementasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Pengelolaan Kinerja Guru Dan Kepala Sekolah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 601–611.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Suhayati, I., & Dewi, K. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Lingkungan Gugus 2 Kecamatan Singaparna. Jurnal Pesantren Dan Madrasah, 3(2), 80–87. https://jurnal.pustakaturats.com/index.php/pesan-trend/article/view/23

Sutarsih, W., & Haryati, T. (2024). Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/2810

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Amrullah, R., Yahya, M., & Sudarman, S. (2025). Pengaruh Penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak SMP Negeri Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/4719

Issue

Section

Articles