Kajian Hidrostratigrafi Bentanglahan Kepesisiran Tipologi Marine Deposition Coast Kecamatan Ngambur Provinsi Lampung

Main Article Content

evi mivtahul khoirullah
I.g.L. Setyawan Purnama
Margaretha Widyastuti

Abstract

Wilayah Kepesisiran Ngambur secara geografis terletak pada area terluar sekaligus terdepan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Variasi bentuklahan yang dapat ditemukan hari ini berupa gisik, beting gisik dan dataran fluviomarin dengan kondisi geologi berupa Aluvium (Qa) dan Formasi Simpangaur (Tmps). Wilayah Kepesisiran Ngambur ini dimanfaatkan sebagai area pemukiman dan lahan pertanian yang membutuhkan airtanah tawar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bercocok tanam sehingga perlu dilakukan identifikasi guna mengetahui keberadaan akuifer sekaligus mengidentifikasi material penyusun lapisan tanah, sistem perlapisan batuan yang terbentuk serta sifat fisik airtanah dengan menggunakan model hidrostratigrafi 2 dimensi yang diperoleh dari data geolistrik. Data resistivitas material diperoleh dengan melakukan pengukuran langsung di lapangan dengan menggunakan geolistrik dan electric conductivity meter. Pengambilan data resistivitas material dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sedangkan data nilai daya hantar listrik airtanah bebas diambil dengan menggunakan metode systematic sampling. Data kemudian diolah dengan menggunakan software IP2Win. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan akuifer dengan kandungan airtanah tawar dapat ditemui pada lapisan aluvium yang tersebar hampir merata pada wilayah kajian. Hasil pengukuran nilai daya hantar listrik airtanah menunjukkan secara keseluruhan airtanah pada akuifer dangkal tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fatihatussalimah, D. 2015. Geologi Indonesia Pola Tektonik Pulau Sumatra. Purbalingga : Universitas Jendral Soedirman.
Purnama, S. 2010. Manajemen Air tanah Berbasis Cekungan Airtanah. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Santosa, Langgeng Wahyu. 2010. Pengaruh Genesis Bentuklahan terhadap Hidrostratigrafi Akuifer dan Hidrogeokimia dalam Evolusi Air tanah Bebas – Kasus pada Bentanglahan Kepesisiran Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi. Yogyakarta : Fakultas Geografi, UGM.
Santosa, Langgeng Wahyu, & Adji, T. N. 2014. Karakteristik Akuifer dan Potensi Air tanah Graben Bantul. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Todd, D. K. 1980. Groundwater Hydrology. Newyork : John Wiley and Sons.