Pendidikan Kebencanaan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMA

Authors

  • Ardhika Bestary Rizkiani 1Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30872/geoedusains.v5i1.3743

Keywords:

Kebencanaan, Kurikulum, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan kebencanaan dalam pengimplementasian kurikulum Merdeka untuk jenjang SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan kajian studi literatur dengan pengumpulan data yang berasal dari sumber seperti artikel, buku yang relevan dan lainnya. Sedangkan temuan dari penelitian ini yaitu pentingnya implementasi kurikulum Pendidikan kebencanaan ini dapat diatur secara jelas dan terstruktur karena sebagai salah satu Upaya dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi berbagai jenis kebencanaan yang terjadi. Pendidikan kebencanaan harus dimasukkan ke dalam kurikulum Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal JRPP, 3(2), 12.

Aziz, L., Siregar, N., Gea, E., & Hutahaean, H. (2022). Pemahaman Pelestarian Alam Warga Pintubesi di Kab Deliserdang. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 96–101. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.13851

Djudjun Rusmiatmoko, D. R., Nursanty, E., Mawahib, N., & Alwi Asmain, N. (2024). Elevasi Kesadaran Arsitektural Melalui Program “Arsitek Mengajar” di SMA Negeri 9 Semarang. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.56444/perigel.v3i1.1406

Fitriana, E. (2021). Pendidikan Siaga Bencana: Pendekatan Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 08(1), 16.

Hale Manek, A. (2023). Literasi Bencana Dalam Pembelajaran Geografi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Samudra Geografi, 6(2), 139–144. https://doi.org/10.33059/jsg.v6i2.7706

Hartanto, R. S. W. (2020). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1), 6.

Kurniawan, F. A., Prasetyo, A. B., & Fauziah, R. N. (2024). Tantangan dan Strategi Pendidikan Kebencanaan dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 3(1), 8. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3274

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1(1), 7.

Marwiji, M. H., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio, 9(4), 10. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6283

Mustofa, M. (2020). Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Pangestu, S. D., & Fedryansyah, M. (2023). Implementasi Mitigasi Bencana Alam Berbasis Masyarakat Melalui Kampung Siaga Bencana Di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 192. https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.47267

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 6. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561

Rosali, E. S. (2016). Peranan Pembelajaran Geografi Dalam Pemahaman Bencana Gunungapi Pada Peserta Didik Sma Di Daerah Rawan Bencana Gunung Guntur. Jurnal Geografi, 4(24), 13.

Subahan, A., Dista, D. X., & Witarsa, R. (2021). Kajian Literatur Tentang Kebijakan Pendidikan Dasar Di Masa Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1662

Try, N., Fitria, Manalu, F., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 290–302. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.270

Wahyudi, M. R., & Alhadi, Z. (2021). Pendekatan Dalam Mitigasi Bencana Tanah Longsor Di Kenagarian Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(1), 47–55. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i1.227

Yulianto, B., Kusmiyati, F., & Pramono, A. (2020). Pengaruh Pengelolaan Air Dan Bahan Organik Terhadap Produktivitas Air Dan Potensi Hasil Padi (OryzasativaL.). Buana Sains, 20(2), 9.

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Downloads

Published

2024-08-13

Issue

Section

Articles