Video Animasi Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Adobe Flash yang Diintegrasikan dengan Powtoon Pada Materi Dinamika Atmosfer di SMA Negeri 1 Suwawa
DOI:
https://doi.org/10.30872/geoedusains.v4i2.2431Keywords:
Video Animasi, Adobe Flash, Powtoon, Dinamika Atmosfer, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis Adobe Flash yang diintegrasikan dengan Powtoon pada materi Dinamika Atmosfer. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan pengembangan meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validasi media oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran Geografi. Implementasi dilakukan pada siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Suwawa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang diintegrasikan dengan Powtoon telah melewati uji validitas oleh ahli materi yang mendapatkan persentase nilai sebesar 88,88% (sangat valid). Hasil validasi ahli media diperoleh persentase nilai 86,36% (sangat valid). Validasi oleh Guru Mata Pelajaran Geografi memperoleh persentase nilai 95,78% (sangat Valid). Hasil respon siswa pada implementasi media diperoleh 83,29% memberikan respon yang sangat baik terhadap media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang diintegrasikan dengan Powtoon . Dengan demikian media tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas terkait dengan materi dinamika atmosfer
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Ayuliandari, F., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik pada SMAN 12 Merangin. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 113–117. https://doi.org/10.24036/nara.v1i2.33
Barreto, D., Vasconcelos, L., & Orey, M. (2017). Motivation and learning engagement through playing math video games. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 14(2), 1–21. https://doi.org/10.32890/mjli2017.14.2.1
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131
Cahyani, C. A., Untari, M. F. A., & Ardiyanto, A. (2020). Penerapan Media Video Animasi Bencana Alam Gunung Berapi ( BELAGUPI) dengan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 289. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27189
Febriani, E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Video dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto.
Halmuniati*, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 332–340. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199
Hardiyana, B. (2018). Teknik Multimerdia Dosen Pembina : Bella Hardiyana, S. Kom, M. Kom. Universitas Komputer Indonesia. http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/55656
Hidayat, U., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.16143
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665
Subali, B. (2016). Penilaian, Evaluasi dan Remediasi Pembelajaran Biologi. 0–66.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.