Pengaruh Model Spasial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG)

  • Agustinus Hale Manek Program Studi Pendidikan, Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
Keywords: Spatial Based Learning Model, Spatial Thinking Skill, Geography filed work practice

Abstract

Spasial  Based  Learning  (SBL)  merupakan  model  yang  dapat  membelajarkan mahasiswa mengenai fenomena geografi dipermukaan bumi. Model SBL mengarahkan peserta mahasiswa memahami fenomena geosfer dipermukaan bumi secara spasial, sehingga  pembelajaran menjadi lebih  kongkret  dan  kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SBL terhadap kemampuan berpikir spasial. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain pretest - posttes nonequivalent control group design. Perolehan data kemampuan berpikir spasial menggunakan soal uraian. Hasil perolehan data berpikir spasial berupa nilai gain score pada kelas eksperimen dan kontrol yang dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sampel t-test). Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Geografi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model SBL terhadap kemampuan berpikir Spasial Mahasiswa. Peningkatan kemampuan berpikir spasial merupakan konsekuensi pembelajaran melalui model SBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhidayah, Y. Y. dkk. (2020). Pengaruh Model Spatial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siawa SMA/MA. Jurnal Geografi, 9(2), 1–11.

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526

Gersmehl, P. (2008). Teaching Geography 2nd. In Royal Geographical Society. The Guilford Press, 3(42), 392–396.

Handoyo, B., & Purwanto. (2017). Pembelajaran Berbasis Spasial dan Rancangan Implementasinya. In Kurikulum Transdisipliner dan Belajar Berbasis Kehidupan. Kajian Inovasi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Hari Utomo, D. (2016). Brain Based Learning: Effects Model A-Car In Critical Thinking Skills. 79(Icge 2016), 339–343. https://doi.org/10.2991/icge-16.2017.65

Kurniawan, N., Budiaman, & Nur hidayaht, A. (2022). Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Mata KuliahIlmu Perpetaan Di Prodi Pendidikan Ips. Edukasi Ips, 6(2), 39–46.

Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12245

National Research Council. (2006). Learning To Think Spatially: GIS As A Support System In The K-12 Curriculum. In National Academies Press (pp. 110–119).

Nurcahyo, A. D., & Winanti, E. T. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir spasial dan pengetahuan siswa pada materi mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 41–47. https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p041

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227

Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui penerapan Project Based Learning dengan menggunakan platform google classroom. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 68–80. https://doi.org/10.17977/um063v2i12022p68-80

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sularmi, Hari Utomo, D., & Nyoman Ruja, I. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(4), 475–479. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495

Published
2023-07-31
Section
Articles