Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 10 Banjarmasin

  • Akhmad Munaya Rahman
  • Eva Alviawati Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Parida Anggriani Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Nevy Farista Aristin Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Faisal Arif Setiawan Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Dini Maryani Simbolon Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Literasi, Literasi Informasi, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

 

Siswa yang sering menghabiskan waktu luang mereka di media sosial dan video game daripada belajar di tempat perpustakaan adalah permasalahan di balik penelitian ini. Pengaruh tersebut diakibatkan peserta didik yang kurang memahami literasi, hal ini dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi apakah terdapat pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data primer berupa kuisioner dan sekunder berupa hasil belajar peserta didik.  Populasi penelitian ini adalah 212, 132 sampel diambil menggunakan tabel Krejcie dan Morgan dan sampling proporsional digunakan untuk menentukan ukuran sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Arah pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap hasil belajar dapat dikatakan positif karena hasil persamaan regresi linier dasar menunjukkan bahwa koefisien regresinya positif. Nilai signifikansi ditentukan oleh nilai signifikansi yang dicapai diketahui bahwa (Sig.) lebih kecil dari 0,05  sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  variabel  literasi  informasi  berpengaruh terhadap variabel hasil belajar. Implikasi pada penelitian ini adalah literasi informasi memampukan peserta didik untuk lebih paham tentang literasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Literasi, Literasi Informasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afniola, S., Ruslan, R., & Artika, W. (2020). Intelegensi dan bakat pada prestasi siswa. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(1).

Aulia, N., Normelani, E., & Aristin, N. F. (2016). Pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS MAN 2 Kandangan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(4).

Fajarwati, Y. (2012). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Depok. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Diambil Kembali Dari Http://Lib. Ui. Ac. Id/File.

Fauziah, N. (2015). Upaya guru dalam pengembangan literasi informasi siswa pada mata pelajaran PAI.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.

Hidayati, D. A., & Krismayani, I. (2017). Literasi Informasi Mahasiswa Atlet Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(2), 111–120.

Khairani, K., Angriani, P., & Alviawati, E. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS SMA NEGERI 9 Banjarmasin. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 1(1).

Lestari, A. (2019). Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sma Muhammadiyah 6 Palembang Dalam Mengerjakan Tugas Makalah Menggunakan Model The Big 6. Literasi Informasi, 8(2), 199. http://repository.radenfatah.ac.id/4831/%0Ahttp://repository.radenfatah.ac.id/4831/1/AYU LESTARI %281534400021%29.pdf

Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5.

Musdalipah, M., Subiyakto, B., & Rahman, A. M. (2021). Contribution of Geography in Social Studies Education to Inculcate Environmental Awareness. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 141–148.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.

Puspaningrum, R. D. (2015). Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar. State University of Surabaya.

Putri, N. E., & Rahmah, E. (2018). Penerapan Literasi Informasi di Perpustakaan SMK Negeri 2 Pariaman. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 365–369.

Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Era Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(2), 31. https://doi.org/10.32493/pekobis.v6i2.p31-41.18576

Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SDN Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 99–106.

Suharto, A. (2014). Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka dalam Mengakses Informasi: Studi Kasus di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 10–20.

Wahyudiyono, W. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 63–68.

Yusniah, Y. (2016). Information literacy of library science. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 1(1), 12–28.

Published
2023-01-06
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'