Pengaruh Promosi Digital Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman

Authors

  • Rafael Alfonso Mangoloi Mebinta Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman

Keywords:

Keputusan Pembelian, Promosi Digital

Abstract

Mahasiswa cenderung lebih banyak tertarik membeli produk fashion hanya dengan melihat melalui media social, daripada datang, melihat dan mencoba langsung ke toko produk fashion tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah  asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Berdasarkan hasil temuan diketahui bahwa Promosi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion. Semakin intensif dan menarik promosi digital yang dilakukan, semakin besar pula kecenderungan mahasiswa untuk membeli produk fashion tersebut. Media sosial dan konten promosi merupakan faktor yang paling dominan. Promosi melalui platform seperti Instagram, TikTok, dan marketplace online terbukti lebih efektif menarik perhatian mahasiswa dibandingkan bentuk promosi tradisional. Secara keseluruhan, promosi digital terbukti menjadi strategi pemasaran yang efektif dan relevan dalam meningkatkan keputusan pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa, karena sesuai dengan kebiasaan dan gaya hidup digital mereka.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, R. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(1), 45–55.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/MBI/article/view/3487

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2015). Social media: Back to the roots and back to the future. Journal of Systems and Information Technology, 17(3), 104–116. https://doi.org/10.1108/JSIT-09-2015-0072

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Pearson Education.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world , unite ! The challenges and opportunities of Social Media. Cakrawala Bisnis, 53, 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Oktaviani, L., & Gunawan, R. (2019). Pengaruh Endorsement Selebgram terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Instagram. Jurnal Komunikasi, 11(2),102–115. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/8582

Puspita, A. D. (2021). Pengaruh Interaksi Media Sosial terhadap Loyalitas Konsumen Fashion Online. Jurnal Ekonomi dan Digital, 4(3), 101–110. https://ejournal.politap.ac.id/index.php/ekodig/article/view/174

Rachmawati, N., & Kurniawan, B. (2022). Content Marketing dan Keputusan Pembelian: Studi pada Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 10(2), 65–73. https://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jes/article/view/6781

Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (9thed.). Pearson Education.

Solomon, M. R., & Rabolt, N. J. (2004). Consumer Behavior in Fashion. Prentice Hall.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D (Sutopo (ed.)). ALFABETA,cv

Utomo, J., Nursyamsi, J., Sukarno, A., Ekonomi, F., Gunadarma, U., Ekonomi, F., Gunadarma, U., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2023). Analisis pengaruh produk promosi dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada belanja online. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 100–116.

Oktaviani, L., & Gunawan, R. (2019). Pengaruh Endorsement Selebgram terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Instagram. Jurnal Komunikasi, 11(2),102–115. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/8582

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2015). Social Media Marketing (2nd ed.). SAGE Publications.

Fatillah, S. (2020). Strategi Promosi Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 143–152. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/komunika/article/view/2230

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2012). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2015). Social media: Back to the roots and back to the future. Journal of Systems and Information Technology, 17(3), 104–116. https://doi.org/10.1108/JSIT-09-2015-0072

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Mebinta, R. A. M., Ellyawati, N. ., & Astuti, R. F. (2025). Pengaruh Promosi Digital Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 5(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/escs/article/view/5943

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>