Teori Perkembangan menurut Sigmund Freud

Authors

  • Krisna Ivarianti Universitas Mulawarman
  • Ivaniarahma Universitas Mulawarman
  • Oktanila Palensky Simanjuntak Universitas Mulawarman
  • Yulsi Universitas Mulawarman
  • Dhita Afifah Universitas Mulawarman
  • Putri Dewi Aprilia Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4858

Keywords:

Psikoseksual, Sigmund Freud, Tahap Psikoseksual

Abstract

Teori psikoseksual yang dikemukakan oleh Sigmund Freud merupakan prilaku yang dimana seksual seseorang mulai terangsang, sehingga membutuhkan kepuasaan agar kebutuhannya terpenuhi. Adapun ada beberapa tahap-tahap perkembangan menurut Freud yaitu fase oral (0-2 tahun), fase anal (2-5 tahun), fase phallic (4-5 tahun), fase laten (6 tahun pubertas), dan fase genital (pubertas 1 dan seterusnya). Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara mendalam terkait teori psikoseksual Sigmud Freud. Metode yang digunakan studi kepustakaan dengan  mengkaji materi dari 1 buku dan 17 artikel. Hasilnya psikoseksual dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Terdapat beberapa permasalahan seksualitas pada anak usia dini seperti halnya kekeliruan seks, hasrat dan keingintahuan akan rangsangan, masturbasi dan kekerasan seksual disebabkan oleh ketidaktahuan mengenai teori psikoseksual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, Juanda. (2022). “Kajian Psikoanalisis Singmud Freud.” Jurnal Kependidikan 7(1): 25–31.

Arif, Andrian Moh. (2019). “Teori Psikoseksual Dan Psikososia.” https://www.academia.edu/download/40292421/PTI-B.MOH_ARIF_ANDRIAN.156150600111002.REVIEW_7.pdf

Al Adawiah, Rabiah. (2015). “Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak.” Jurnal Keamanan Nasional 1(2): 279–96.

Azzahra, Qonita Maulidya. (2020). “Jurnal Pendidikan : Early Childhood Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini : ‘ My Bodies Belong To Me .’” Jurnal Pendidikan: Early Childhood 4(1): 77–86.

Dahlan, M. (2011). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Selemba Medika.

Ginting, Serta Ulima. 2011. “Pola Makanan Dan Minuman Menuju Budaya Hidup Sehat.” Jurnal Ilmu Keolahragaan 9(2): 52–66.

Irsyad, Mohammad. (2019). “Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5(1): 73.

Ita Zahara, Cut et al. (2023). “Psychoeducation on Sexual Education for Elementary School Students Psikoedukasi Pendidikan Seks pada Murid Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 95–104. https://ojs.unimal.ac.id/ubathatee/.

Fitrikasari, Alifiati, Natali. D.W, and Muflihatunnaimah. (2022). Siklus Kehidupan dan Teori Perkembangan.https://www.enstocks3v.top/ProductDetail.aspx?iid=312848580&

Kwirinus, Dismas. (2022). Menyingkap Teori Seksualitas Psikoanalisa Sigmund Freud Dan Usaha Penerapannya Dalam Pendidikan Seksualitas. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 556.

Magta, Mutiara, and Sinta D. Ni Putu. (2022). Strategi Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak Di Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10(2): 265–73.

Pentiernitasari, Eka, and Delfi Eliza. (2021). Upaya Pencegahan Perlakuan Yang Salah Terhadap Anak (Child Abuse). Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3): 9541–46.

Saputra, M.T. (2019). Teori Perkembangan Psikoseksual Sigmund Freud dan Psikososial Erik H. Erikson. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta: 5–8.

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 11(1): 47–53.

Sulfasyah, Sulfasyah, and M. Nawir. (2017). Peran Orang Tua Terhadap Pengetahuan Seks Pada Anak Usia Dini. Equilibrium: Jurnal Pendidikan 4(2): 223–32.

Yafie, E. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Jurnal Care (Children Advisory Research And Education) Volume 4(2): 18–30.

Winarsih, Biyanti Dwi, Siti Maryati, and Sri Hartini. (2016). Perkembangan Psikoseksual Anak Tunagrahita Di SDLB Negeri Sukaharjo Kabupaten Pati.” The 3rd University Research Colooquium: 198–204.

Wulandari, Ruwanti, and Jaja Suteja. (2019). Konseling Pendidikan Seks Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal 2(1): 61.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Ivarianti, K., Ivaniarahma, Oktanila Palensky Simanjuntak, Yulsi, Dhita Afifah, & Putri Dewi Aprilia. (2025). Teori Perkembangan menurut Sigmund Freud. Early Childhood Journal, 3(2), 102–109. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4858

Issue

Section

Articles