Manfaat Permainan Tradisional Egrang dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak

Authors

  • Krisna Ivarianti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4828

Keywords:

Permainan Tradisional, Keseimbangan Anak, Keterampilan Motorik

Abstract

Permainan tradisional pada anak usia dini merupakan suatu bentuk implementasi budaya-budaya luhur bangsa dalam diri peserta didik untuk menambah pengetahuan budaya sejak dini dan meminimalisir penggunaan permainan moderen dan game online. Permainan tradisional memiliki peran penting dalam perkembangan anak khususnya dalam aspek motorik dan keseimbangan. Di era modern yang yang didominasi oleh permainan berbasis teknologi, permainan tradisional seperti egrang mulai terlupakan. Permainan egrang memberikan manfaat yang signifikan bagi anak, terutama dalam mengembangkan keterampilan keseimbangan, kemandirian, dan kepercayaan diri. Dengan bermain egrang dapat melatih koordinasi motorik, kekuatan otot, serta kesadaran tubuh anak. Selain itu, egrang juga mengasah kemampuan fokus, konsentrasi, dan keberanian anak untuk menghadapi resiko secara mandiri. Kajian ini mengulas manfaat permainan egrang berdasarkan studi literatur, serta pengalaman langsung oleh peneliti dalam bermain egrang yang menunjukkan bahwa permainan egrang dapat mendukung dan melatih keseimbangan serta keberanian pada anak, dan mendukung perkembangan motorik kasar. Penelitian ini juga bertujuan mengesplorasi potensi permainan egrang sebagai sarana yang efektif dalam mengembangkan keseimbangan dan keterampilan fisik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalunisah, S., Putu Suwika, I., & Rahmatia, S. (2022). Pengaruh Permaianan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B Tk Al-Khairaat Kaleke. Jurnal Pembangunan Daerah, 66–77.

Awang Irawan, F., Setiawati, A. S., Fajar, D., Permana, W., Suciani, P., Asnawi, S., Rahesti, N., Awaliyyah, U. A., & Putri, W. K. (2024). Implemantasi Permainan Tradisional Egrang Menggunakan Multiple Intelligences. In Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal Of Independent Community Empowerment (Vol. 7).

Buadanani, & Eliza, D. (2022). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Islam, 5.

Irwansyah, N., & Fransori, A. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Dalam Permainan Tradisional Di Wilayah Kelurahan Meruyung Depok. 1(2).

Junaedi, & Suardi. (2018). Permainan Tradisional Egrang Sebagai Media Edukasi Anak. https://doi.org/.xxxxx

Mukhtar, A., & Rubiono, G. (2022). Analisis Keseimbangan Statis Permainan Egrang Bambu Info Artikel (Vol. 3). http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/index

Nurul Qomariah, D., & Hamidah, S. (2022). Menggali Manfaat Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar: Konteks Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(1), 8–23. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Okwita, A., & Permata Sari, S. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam The Existence Of Traditional Game Egrang On The Community Monggak Districts Galang Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33.

Ramadhana Sonjaya, A., Z.Arifian, & Agustia Pratiwi, R. (2021). Revitalisasi Permainan Tradisional Sebagai Wahana Peredam Permainan Digital Pada Anak. www.journal.uniga.ac.id

Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035

Suhariyanti, M., Priyadi, M. S., Alhadi, I. A., & Rachmatia, M. (2024). Peran Permainan Egrang dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(1), 16–25. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33677

Wibisono, G., Puspita, D., & Eva Rayanti, R. (2019). Analisis Gerak Permainan Tradisional Egrang Pada Anak Usia 10-12 Tahun.

Downloads

Published

2022-12-30 — Updated on 2025-04-21

How to Cite

Ivarianti, K. (2025). Manfaat Permainan Tradisional Egrang dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak. Early Childhood Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4828

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)