Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Fondasi Pendidikan yang Inklusif dan Berkeadilan
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4571Keywords:
Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan inklusif, Perkembangan dan Kompetensi DasarAbstract
Sebagai langkah menuju tercapainya pendidikan yang inklusif dan adil, penelitian ini akan melihat bagaimana TK Islam Al-Husna menilai anak-anak berkebutuhan khusus. Kami menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Siswa berkebutuhan khusus pertama kali diterima di TK Islam Al-Husna, karena temuan penelitian menunjukkan bahwa instruktur dengan tegas menganjurkan pendidikan inklusif di lembaga publik. Bakat anak diperhitungkan saat menilai anak berkebutuhan khusus. Saat mengevaluasi kemajuan anak, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan individu mereka. Metode evaluasi disesuaikan dengan keterampilan dan pengetahuan unik setiap siswa. Saat melakukan evaluasi, penting untuk memperhatikan kemajuan keseluruhan anak dan tingkat kemahiran dasar. Orang tua akan mendapatkan laporan tertulis dan lisan yang merinci hasil evaluasi ini.
Downloads
References
Agustin, I. (2019). Penerapan Identifikasi, Asesmen Dan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 72-80. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80.
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, & Rismita. (2024). Transformasi Pendidikan Inklusif: Pemberdayaan Guru dan Kepala Sekolah Meningkatkan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1939–1945. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8531.
Dea Mustika, Agnes Yurika Irsanti, Evi Setiyawati, Fretika Yunita, Nurhafizdah Fitri, & Putri Zulkarnaini. (2023). Pendidikan Inklusi: Mengubah Masa Depan Bagi Semua Anak. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 41–50. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1575.
Erva Karimatunisa & Taufik Muhtarom. (2024). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Journal Innovation In Education, 2(3), 101–107. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1369.
Kriswanto, D., Suyatno, & Sukirman. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar: Analisis Faktor-Faktor dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3081–3090. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6167.
Mirza Yogy Kurniawan, Wagino, & M. Dedy Rosyadi. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 3(2), 71–76. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v3i2.30.
Moleong, J Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Munte, R. S., Mukhtar, & Anwar, K. (2024). Isu-Isu Global Pendidikan Multikultural dan Inklusif World Class Education (WCE). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12896–12904.
Nurfadhilah, S., Salsabila, A., & Firdaus, C. C. (2022). Analisis Assessment dalam Pendidikan Inklusi di SDIT Dauroh. 2(7), 1116–1124. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i07.437.
Putri Rahmadani, Roza Nurvadilah, Wahyu Bilhaq, & Opi Andriani. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kelainan Anak Berkebutuhan Khusus dan Implementasi Peran Guru dalam Pemenuhan Hak ABK. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 66–81. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.735.
Robert, K. Yin. 2013. Case Study Research : deseign and methods (terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta: Grafindo Persada.
Salam, F. F., Zahra, N. A., & Koimah, S. M. (2024). Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi School Of Universe. Innovations in Multidisciplinary Education Journal, 1(2), 104–111. https://doi.org/10.61476/573q9f88.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suryaningrum, C., & Ingarianti, T. M. (2016). Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irma Zhafiratunisa Azahra, Muhammad Dimas, Haidar Milsan, Rika Anjani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







