Asesmen Berdiferensiasi: Mengatasi Hambatan dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif untuk Anak Usia Dini di RA Al-Huda

Authors

  • Nur Rahma Fadillah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Annisa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Hikmah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ayga Nuari Julaiha Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4565

Keywords:

Asesmen Berdiferensiasi, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Anak Usia Dini, Hambatan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran dan asesmen berdiferensiasi di RA Al-Huda sebagai pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi anak usia dini. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru menyesuaikan metode, materi, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan masing-masing peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan wawancara mendalam terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berdiferensiasi membantu guru memahami keberagaman peserta didik dan meningkatkan partisipasi serta motivasi belajar anak. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu, pelatihan, dan sumber daya, penerapan strategi ini terbukti efektif dalam mendukung pendidikan inklusif. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan ahli sangat penting dalam pelaksanaan asesmen berdiferensiasi yang optimal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan untuk memperkuat implementasi asesmen berdiferensiasi di pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita Sakti, Syahria. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age 4 (02): 238–49. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019.

Bintang, N K, H Juliani, and Gusmaneli. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Inklusif Di Madrasah Atau Di Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 2 (3): 1–16.

Ilyas, Sitti Nurhidayah, and Angri Lismayani. (2023). Implementation of Differentiated Learning at TK Islam Plus E-School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation 3 (4): 586–91. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2174.

Kresnawaty, Anita, and Rina Heliawati. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Ilmiah Pendidikan 3 (1): 15–23.

Marlina, et al. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Pembelajaran Station Rotation Berbasis Tiered Task (Studi Eksperimen Di Sekolah Inklusif Sumatera Barat). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 18 (1): 31–42. https://doi.org/10.21831/jpk.v18i1.45776.

Nafisa, Meilina D., and Ruqqoyah .F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 6 (2): 179–88. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840.

Ngaisah, Nur Cahyati, * Munawarah, and Reza Aulia. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 9 (1): 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890.

Rusmiyati, Rusmiyati. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Taman Kanak-Kanak (TK) Gita Bangsa Citra Raya_Tangerang. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama 9 (2): 32–40. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i2.966.

Safitri, Darul, and Yuli Salis Hijriyani. (2021). Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Mewujudkan Pendidikan Menyeluruh Bagi Anak Usia Dini. PROSIDING: Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo 3:27–39. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/piaud/article/view/448.

Yuliati, Chariroh, Sri Wulan, and Hapidin Hapidin. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 969–80. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.567.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Nur Rahma Fadillah, Annisa, N., Hikmah, N., & Nuari Julaiha, A. (2025). Asesmen Berdiferensiasi: Mengatasi Hambatan dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif untuk Anak Usia Dini di RA Al-Huda . Early Childhood Journal, 5(1), 28–37. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4565

Issue

Section

Articles