Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Kurikulum Merdeka di TK Keledang
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4540Keywords:
Penilaian Autentik, Kurikulum Merdeka, PAUD, Tantangan Guru, Penilaian HolistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik berdasarkan Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD, khususnya di TK Keledang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa tantangan, antara lain ketidakhadiran anak yang tidak konsisten, keterbatasan waktu dalam mencatat perkembangan anak, minimnya pemahaman guru terhadap metode penilaian autentik, serta beban administrasi yang tinggi. Solusi yang dilakukan meliputi pendekatan kepada orang tua, pencatatan sederhana secara bertahap, pemanfaatan alat bantu edukatif, dan pembagian penilaian ke dalam kelompok kecil. Selain itu, pelatihan yang diberikan oleh sekolah serta kolaborasi antarguru turut mendukung upaya implementasi penilaian autentik. Penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan dalam bentuk pelatihan dan kebijakan yang mendukung fleksibilitas guru dalam melaksanakan penilaian autentik.
Downloads
References
Aina Kartika Rahayu, Maranatha, J. R., & Justicia, R. (2023). Analisis Implementasi Penilaian Perkembangan Anak Pada Kurikulum Merdeka Di Tk X Kabupaten Kuningan. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 197–209. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.558.
Akbar, F., Ulumiyah, M., & Wirdah, C. (2024). Implementasi Instrumen Penilaian Pembelajaran pada Anak Usia Dini di RA Sholahiyah Bae Kudus dan perkembangannya . Hal ini juga membantu dalam memberikan informasi kepada orang. 12(1), 67–77.
Asmahasanah, S., Chairunnissa, I. C., & Hakim, N. (2023). Navigating Merdeka curriculum in first grade: teacher challenges and strategies. Journal of Integrated Elementary Education, 3(2), 137–149. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i2.17592.
Aziz, M. N. A., Yusoff, N. M., & Yaakob, M. F. M. (2020). Challenges in using authentic assessment in 21st century ESL classrooms. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 759–768. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20546.
Bali, E. N., & K, A. N. (2023). Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak Di Sumba Timur NTT. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11275.
Dahlan, U. A., Homepage, J., Aisyah, U. N., Dalam, A., Merdeka, K., & Teori, P. (2024). Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Teori Humanisme Uly Nuha Aisyah 1 , Betty Mauli Rosa Bustam 2 1,2. 14–27.
Dianita Rahayu Sukmawati, Roulina Magdalena Siburian, Nur Hidayatil Janah, & Ratna Sari Dewi. (2023). Penilaian Otentik Dalam Konteks Penilaian Karakter. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 187–203. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1401.
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p87-92.
Hidayah, V. N., & Yuliawati, F. (2021). Kurikulum Tematik 2013 Dalam Framework Subtainable Development Goals Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 162–171. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.35824.
Huda, I., & Ahmad, K. I. (2020). Implementation of Authentic Assessment in Thematic Learning 2013 Curriculum at Madrasah Ibtidaiyah. Journal of K6 Education and Management, 3(4), 456–466. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.04.05.
Huda, M. F., Briliansah, T. Z., Millah, Z., Choir, M., & Rahmawati, A. D. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa RA Sunan Ampel Melalui Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Kalender Abjad. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 23–27. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i1.4754.
Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024. Jdih.Kemendikbud.Go.Id, 1–242.
Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). IbM Active Learning Guru SD dan Pelatihan Penilaian Autentik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Dan Majelis Dikdadmen PDM Sleman & Bantul, 1–110. https://eprints.uad.ac.id/6580/1/MODUL IbM - PENILAIAN AUTENTIK.pdf.
Misnawati. (2024). Penguatan Kapasitas Pendidik PAUD Mewujudkan PAUD Berkualitas Secara Holistik Integratif. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 01–11.
Najmudin, D., & Ain, S. Q. (2024). Penilaian Portofolio Sebagai Instrumen Pengukuran Kompetensi Peserta Didik. Celebes Journal of Elementary Education, 2(1), 1–23.
Ningtyas, A. R., Amrillah, H. . T., Putra, M. M., & Hartati, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan PAUD. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 4(2), 81. https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.44312.
Rona Adelina Suwandani, I Nyoman Karma, L. H. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di Sdn Gugus I Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (JIPI), 2(1), 24.
Sartika, L. (2023). JURNAL AL-ATHFAAL. 1, 1–6.
Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.
Wahyuni, S., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1400.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alya Faizah, Devi Triana Susanti, Ratih Amalia, Adam Hasyim Apriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







