Menuju Indonesia Emas: Strategi dan Implementasi Assessment Pembelajaran PAUD dengan Kurikulum Merdeka di TK Ukan Hasupa
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4534Keywords:
strategi, implementasi kurikulum merdeka, paudAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran krusial dalam pembentukan karakter dan kemampuan anak, yang akan mempengaruhi masa depan bangsa. Dalam rangka mendukung tujuan Indonesia Emas 2045, implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD/TK menjadi sangat penting. Artikel ini mengkaji strategi dan implementasi assessment pembelajaran di TK Ukan Hasupa, Kalimantan Timur, yang mengadaptasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka di TK Ukan Hasupa diterapkan dengan fokus pada pembelajaran berbasis bermain, penguatan karakter Pancasila, dan penilaian holistik untuk memantau perkembangan anak. Namun, tantangan seperti kesiapan pendidik, keterbatasan sumber daya, dan peran orang tua masih menjadi hambatan dalam implementasi yang optimal. Meski demikian, pendekatan yang fleksibel dan berpusat pada anak menunjukkan potensi untuk menciptakan generasi yang berkualitas sesuai dengan visi Indonesia Emas.
Downloads
References
Akmalia, R., Situmorang, M. S., Anggraini, A., Rafsanjani, A., Tanjung, A., & Hasibuan, E. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Basicedu, 7(6), 3878–3885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373.
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243.
Ernawidiastuti, E., & Suryani, L. (2024). Peranan guru dalam implementasi asesmen proyek untuk menilai kreativitas anak. 10(2).
Hasibuan, A. R. G., Amalia, A., Resky, M., Adelin, N., Muafa, N. F., & Zulfikri, M. A. (2024). Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Tinjauan Holistik Paradigma Ki Hajar Dewantara Sebagai Pendekatan). NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 663–673. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2287.
Jurnal Pendidikan: Early Childhood. (2018). 2(2).
Lestari, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Tinjauan Kritis dari Perspektif Guru. PERNIK, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582.
Mayar, F. (2019). Pembelajaran Seni Melalui Media Jerami Pada Anak Usia Dini. 3.
Nufus, H. (2016). Peranan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Membina Tumbuh Kembang Anak di Kota Ambon. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 48–63. https://doi.org/10.33477/alt.v1i1.188.
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. 6.
Saiful, F. E. P., Hasanah, M., & Majid, A. B. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Minat Bakat Siswa. Journal of Science and Education Research, 3(2), 5–10. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.108.
Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab IV Pasal 5 Mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua, dan Pemerintah. 01(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melati Feliana, Aulia Nur Rahmah, Musarofah, Dewi Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







