TINJAUAN TENTANG TEKNIK DASAR TENDANGAN SABIT DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RANTING PENFUI TIMUR

  • alventur baun Universitas Kristen Artha Wacana
  • Retrian Ariyanto Pendi
  • Agustinus J Navie
Keywords: Teknik Dasar Tendangan Sabit, Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate.

Abstract

Tendangan sabit merupakan tendangan berbentuk busur dan menggunakan punggung kaki pada perkenaannya dengan tumpuan satu kaki yang  berputar sejauh 130°. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik dasar tendangan sabit dalam Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan dilakukan di Ranting Penfui Timur, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analsis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil tentang teknik dasar tendangan sabit dilakukan dengan langkah-langkah : 1. Pasang awal (kuda-kuda depan) dilakukan dengan posisi kaki kiri melangkah ke depan dan di tekuk, kedua tangan disilang untuk melindungi tubuh dan pandangan ke depan. 2. Persiapan serangan, dilakukan dengan  kaki kanan diangkat dan kaki kiri dijinjit kemudian posisi badan diputar kira-kira 90o. 3. Serangan dilakukan dengan melepaskan tendangan kaki kanan dengan lintasan setengah lingkaran dan perkenaannya adalah punggung kaki. 4. Kembali ke sikap pasang awal. Kesimpulannya adalah latihan tendangan sabit sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Nugroho. 2001. Diktat Pedoman Latihan Pencak silat. Yogyakarta: FIK-UNY
Alwi, Hasan. dkk. 2008. Sejarah Perkembangan Pencak Silat. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Awan, Hariono, 2006 “Metode Melatih Fisik Pencak Silat”. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Denim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ibrahim Alek, 2013. Materi Dasar Pencak Silat. IPSI PSHT: Yogyakarta.
Imam Suyudi. 2012. Kemampuan Kelincahan Tendangan Sabit dalam Olahraga Pencak Silat. (Online),http://imamsuyudihardi76.blogspot.com/2012/08/kemampuan-kelincahantendangan-sabit.html?m=1. Diunduh tanggal 28 Oktober 2020.
Kriswanto, Erwin Setyo. 2015. Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Teknik-Teknik dalam Pencak Silat Pengetahuan Dasar Pertandingan Penca Silat. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Lubis, J. 2014. Pencak Silat Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda.
R. Kotot Slamet Hariyadi. 2003. Teknik Dasar Pencak Silat Tanding. Jakarta: Dian Rakyat
Sidik, Z. D. 2008. Pembinaan Kondisi Fisik (Dasar dan Lanjutan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliandi Aditya Rachman, 2011. Hubungan Power Tungkai Dengan Kecepatan Tendangan Sabit Pada Ekstrakulikuler Pencak Silat SMP N 1 Kenduruan Tuban Jawa Timur. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2022-01-12
How to Cite
[1]
alventur baun, R. A. Pendi, and A. J. Navie, “TINJAUAN TENTANG TEKNIK DASAR TENDANGAN SABIT DALAM PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RANTING PENFUI TIMUR”, Borneo.phy.ed., vol. 2, no. 2, pp. 11-18, Jan. 2022.