Perspektif Epistemologis Dalam Interpretasi Sejarah

  • Jerry Ramadani Universitas Mulawarman
  • Siti Marfuah Universitas Mulawarman
  • Rizal Izmi Kusumawijaya Universitas Mulawarman
Keywords: Sejarah, Perspektif, Epistimologi

Abstract

Pengetahuan dalam sejarah merupakan aspek yang kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti nilai budaya, perspektif politik, dan kepentingan ideologis. Perspektif epistemologis memainkan peran penting dalam memahami dan menginterpretasikan sejarah dengan membahas proses dan cara memperoleh pengetahuan sejarah. Melalui analisis berbagai aliran epistemologi, seperti Realisme, Idealisme, Empirisisme, Rasionalisme, Kritisisme, Epistemologi Islam, dan lainnya, interpretasi sejarah menjadi lebih luas dan dapat dipandang dari berbagai sudut pandang. Epistemologi tidak hanya membahas bagaimana pengetahuan diperoleh, tetapi juga menyoroti hakikat dan nilai ilmu pengetahuan itu sendiri. Dengan demikian, pemahaman kita tentang sejarah dapat diperkaya dan diperluas melalui pendekatan epistemologis yang mendalam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahrum, B. (2013), "Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi" dalam Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), hal. 35-45.

Devinta, MS, Azizah, NM, & Anggraini, RH (2017), "Epistemologi Pendidikan Menurut Beragam Filsafat Dunia: Idealisme, Realisme, Pragmatisme, Eksistensialis" di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Hikmah, N, dkk. 2018. Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Hak Atas Kebebasan Beragama dan Beribadah Di Indonesia. Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila. 1(1). 44.

Pari, F. (2018), "Epistemologi dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan" dalam Jurnal Ilmu Ushuluddin, 5(2).

Rohman, A., & Purwastuti, LA (2014), "Epistemologi dan Logika: Filsafat untuk Pengembangan Pendidikan" oleh CV. Aswaja Pressindo.

Saifullah, S. (2013), "Refleksi Epistemologi dalam Metodologi Penelitian (suatu Kontemplasi Atas Pekerjaan Penelitian)" dalam De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah, 5(2).

Sari, D., & Rohman, K. (2020), "Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat" dalam Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), hal. 35-52.

Webster’s new Collegiate Dictionary, Massachusetts: G.& C. Merriam Co., 1977.

Yulinda, S. (2017), "Konsep Epistemologi Kuntowijoyo" (Disertasi Doktor, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Published
2024-06-09
How to Cite
Ramadani, J., Marfuah, S., & Kusumawijaya, R. I. (2024). Perspektif Epistemologis Dalam Interpretasi Sejarah. Amarthapura: Historical Studies Journal, 3(1). https://doi.org/10.30872/amt.v3i1.3575
Section
Articles