Pemahaman Kurikulum Merdeka di Pendidikan Keguruan : Studi pada Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ince Raudhiah Zahra Universitas Mulawarman
  • Nurdiyah Kurniati Universitas Mulawarman
  • Muhammad Nur Mannan Universitas Mulawarman
  • Yana Supriyatna Universitas Mulawarman

Keywords:

Calon Guru Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka, Mata Kuliah, Mahasiswa, Pengalaman Belajar, Platform Merdeka Mengajar

Abstract

Kurikulum pendidikan formal, termasuk pada jenjang Sekolah Dasar yang dinamis membuat tidak hanya guru, namun juga calon guru perlu dipersiapkan memahami kurikulum yang baru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa calon guru sekolah dasar terkait kurikulum merdeka dan mengetahui pengalaman belajar mereka terkait kurikulum tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, sehingga terfokus pada menjelaskan keadaan yang sebenarnya tanpa dilakukan perlakuan. Teknik random sampling digunakan untuk memperoleh sampel mahasiswa sebanyak 152 orang dengan tingkat semester berbeda. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa semester I, III, dan V memiliki tingkat pemahaman yang bervariasi terhadap kurikulum merdeka, namun semakin tinggi semester maka semakin besar kecenderungan mereka untuk memahami kurikulum merdeka. Sebagian besar pengalaman belajar kurikulum tersebut mereka peroleh dari hampir seluruh mata kuliah yang ada di program studi yang telah mengintegrasikan pemahaman kurikulum merdeka di dalamnya. Namun, penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada tingkat mahasiswa masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Mustika, D. (2023). Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 359–364. doi: 10.31004/aulad.v6i3.540

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. doi: 10.1007/s11125-021-09582-6

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). doi: 10.1073/PNAS.2022376118

Fatayan, A., Ayu, S., Ghani, A. R. A., Kowiyah, & Azhar, N. C. (2023). The Dynamics of Learning Loss for Elementary Students Jakarta in the New Normal. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(6), 196–204. doi: 10.33423/jhetp.v23i6.5967

Gifari, M. K., & Arifin, Z. (2024). Inovasi Kurikulum Dalam. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1747–1762.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. INNOVATIVE : Journal of Social Science Research, 3, 3558–3568.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3106

Lakshmi, P. A. V., & Sumaryono. (2018). Kesuksesan Karier Ditinjau dari Persepsi Pengembangan Karier dan Komitmen Karier pada Pekerja Milenial. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(1), 57–75.

Nashito, F., Silvi, M., Puspita, M., & Safrizal, S. (2023). Deskripsi Tingkat Pemahaman Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Calon Guru MI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 186–195. doi: 10.32665/jurmia.v3i2.1857

Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1–10. doi: 10.33830/jciee.v1i1.5308

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2024). Pemahaman Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 88–95. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. doi: 10.37985/jer.v5i3.1153

Setyawan, D., & Syamsuryawati, S. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Terhadap Pemahaman Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 428–436. doi: 10.37478/jpm.v4i3.2917

Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 5(2), 1613–1620. doi: 10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 1, 13–23.

Umar, Jayanti, M. I., Annafi, N., & Lukman. (2024). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 57–69. doi: 10.31004/joe.v5i2.796

Wijayanti, E., & Mundilarto. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Diri dan Teman Sejawat Kompetensi Bidang Studi Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 129–144.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles