PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DI SEKOLAH DASAR

  • Khusnul Khotimah FKIP Mulawarman
Keywords: Assessment, Higher Order Thinking Skill, Sekolah Dasar

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan cara berpikir tingkat tinggi yang mengedepankan proses transfer, berpikir kritis, dan penyelesaian masalah. Ketiga komponen ini menjadi bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar di sekolah. Tahun 2015 Trends in Mathematics and Scince Study (TIMSS) merilis hasil survey bahwa Indonesia menempati peringkat 4 terbawah dari 43 negara yang mengikuti TIMSS. Di tahun yang sama PISA merilis peringkat Indonesia ketiga terbawah dari 72 negara untuk rata-rata nilai sains. Analisas hasil pengukuran UN tahun 2018 ternyata selaras dengan data yang dirilis TIMSS dan PISA dimana, para peserta didik masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Hasil temuan penelitian terkait persepsi guru tentang HOTS menyatakan bahwa 79% responden kesulitan dalam merancang dan menerapkan evaluasi berbasiskan HOTS. Sementara era industry 4.0 memerlukan kecakapan sumber daya manusia yang mampu mengintegrasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan industry. Oleh karena itu tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis HOTS di tingkat sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husna Nur Dinni. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kemendikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurdinah Hanifah. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal Vol. 1 No. 1, Issue 5.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Rapih, Subroto & Sutaryadi, Sutaryadi. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan dan Hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan
Dasar dan Pembelajaran. 8.78.10.25273/pe.v8i1.2560.
Robert J. Marzano & Debra J. Pickering (1997). Dimension of Learning: Trainer’s Manual. Association for Supervision and Curriculum Development.
Published
2019-08-24
Section
Articles