Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Sukriadi
Keywords: Hasil belajar Matematika, Perkalian, Metode Jarimatika

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 017 Samarinda Ulu yang berjumlah 30 siswa dengan 1 guru dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi perkalian melalui metode jarimatika. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 08 April 2019 hingga 4 Mei 2019. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, persentase, dan rumus peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebesar 34,30% dari nilai rata-rata 37,17 pada nilai pra siklus menjadi 49,92 dengan predikat sangat kurang dan persentase ketuntasan sebesar 43,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,58% dengan nilai rata-rata menjadi 57,83 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasan sebesar 56,67%. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 82.06% dengan nilai rata-rata 67,67 dengan predikat cukup Sehingga persentase ketuntasan pada siklus III telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu >70% dari jumlah siswa di kelas telah mencapai nilai 65 (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Almira dan Nuraisyah. 2017. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Pembagian Melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kotanopan”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. Vol.1, No.1, hal.48-53.
Anitah, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Annurrahman.2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_________________. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Daryanto, 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Pen elitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.Bandung: Remaja Karya.
_______. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
_______. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Matematika. Malang: IKIP.
Jarmita, Nida dan Hazami. 2013. “Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Perkalian” DIDAKTIKAVol. XIII, No.2, pp 212-222.
Mariyati, Yuni dan Nursina Sari. 2017. “Efektifitas Penggunaan Jarimatika dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Kelas III SDN 2 Tamansari”. Jurnal Tekhnologi Pendidikan. Vol.2, No.1, hal.30-35.
Nugroho, Habib Kusdaryanto. 2008. Trik Cepat Berhitung Perkalian. Surabaya: Linguakata.
Paizaliddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Pridandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Republik Indonesia, 2013 Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Runtukahu, J Tombokan dan Selpius Kandou. 2016. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Salim. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suherman, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Komponen. Bandung: Universitan Pendidikan Indonesia.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Sumadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Graham Ilmu.
Sunar Dwi, Prasetyo, dkk. 2008. Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press.
Sunarto dan Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Uno B Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W. S. 2002. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wulandani, Septi Peni. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka.
_______. 2009. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka
Published
2019-07-24
Section
Articles