PENGARUH MODEL PROGRAM LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN 2018

  • Much. Samsul Huda
Keywords: Model program latihan, bulutangkis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh model program latihan terhadapĀ  keterampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Samarinda tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, Uji Homogenitas, dan Analitif Deskriptif (Uji t & Persentase Peningkatan). Penelitian eksperimen ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan perlakuan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Saarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes teknik keterampilan bermain bulutangkis, yaitu kemampuan teknik dasar servis pendek, servis panjang, pukulan lob, pukulan smash, dan pukulan dropshot. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model program latihan terhadap peningkatan keterampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Samarinda Tahun 2018, yakni dengan nilai rata-rata pretest keterampilan bermain bulutangkis sebesar 210.79, nilai rata-rata posttest keterampilan bermain bulutangkis sebesar 289.29, hasil uji-t menunjukan bahwa t hitung sebesar 26.715, besar nilai signifikansi probability 0,000. Nilai t hitung > t tabel (26.715 > 2.160) dan hasil perhitungan nilai yang diperoleh 0.000 < 0.05, sehingga dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. artinya ada pengaruh yang signifikan model program latihan terhadap peningkatan keterampilan bermain bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Samarinda Tahun 2018 sebesar 37.2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurhasan, dan Hasanudin Cholil. 2007. Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Jurusan Pendidikan Kepelatihan FPOK UPI. Bandung.

Wahjoedi, 2000. Tes Pengukuran Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Timur.

Muhajir, 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Roji, 2009. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

James Poole, 2010. Belajar Bulutangkis. Bandung: Pioner Jaya.

Tony Grace, 2004. Bulutangkis: Petunjuk Praktis untuk Pemula dan Lanjut. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2019-08-24
Section
Articles