MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR ELAKAN DALAM PENCAK SILAT MELALUI PENGGUNAAN MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP NEGERI 5 BONTANG

  • Ruslan
Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Elakan, Penggunaan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar elakan dalam pencak silat pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Bontang tahun ajaran 2018/2019 melalui penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Bontang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 murid, 16 siswa dan 18 siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes unjuk kerja teknik dasar elakan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi studi awal, siklus I dan siklus II dengan prosentase. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, dari hasil tes unjuk kerja dari kondisi awal, dari 34 siswa hanya 11 siswa atau 32,35% yang tuntas dan meningkat pada siklus I menjadi 28 siswa atau 82,35% tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa atau 100% tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar elakan pada siswa VII A SMP Negeri 5 Bontang Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, R. et al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Fahdiyan, Y., 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Islam Kradenan Kecematan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun 2012/2013”. Skripsi Penjaskesrek, Universitas Negeri Semarang.
Firmansyah, H. Tahun. “Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani”. Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Vol. No. Tahun. hal. 1-6.
Hanafy, M. S. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran”. Lentera pendidikan, Vol. 17 No. 1 juni 2014. hal. 66-79.
Hariyadi, K. S. R., 2003. Teknik Dasar Pencak Silat Tanding. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Hanif, Y, N. & Sugito (2015) Membentuk Gerak dasar pada siswa sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60-63.
Komarudin. 2016. Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kriswanto, S. E., 2015. Pencak silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Lubis Johansyah., dan Wardoyo Hendro., 2014. Pencak Silat Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Lubis Johansyah., dan Wardoyo Hendro., 2016. Pencak Silat Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Marrozan., 2013. “Penerapan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Bokortasko Terhadap Hasil Belajar Bulu Tangkis Siswa Kelas VIII D Di SMPN 3 Batang Tahun 2012”. Skripsi Penjaskesrek, Universitas Negeri Semarang.
Mulyana., 2014. Pendidikan Pencak Silat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosdiani Dini., 2013. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Saryono, 2008. “Prinsip Dan Aplikasi Dalam Modifikasi Sarana Dan Prasarana Penjas”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol. 4 No. 1 April 2008. hal. 44-54.
Sudiana, I. K., dan Sepyanawati, N. L. P., 2017. Keterampilan Dasar Pencak Silat. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N., 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumini, Tahun. “Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Fkip Sanata Dharma Yogyakarta.
Suprijono, A., 2014. Cooprative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, S. M., 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tim Direktorat Pembinaan SMP, 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Published
2019-08-24
Section
Articles