Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 20 Samarinda Universitas Mulawarman
DOI:
https://doi.org/10.30872/prospek.v6i1.4088Keywords:
Fasilitas Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan otmatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 20 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif Kuasal, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 62 resoponden dan dokumentasi berupa nilai ujian akhir semester. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan (0,002) < α (0,05) dan nilai thitung sebesar (3,163) > ttabel (1,295) maka secara parsial berpengaruh signifikan. Dari hasil pengujian dan analisis tersebut dapat diinterpretasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar memeiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 20 Samarinda. Sekolah diharapkan memberikan kelengkapan fasilitas berlajar agar siswa mampu mencapai hasil belajar yang maksimal.
Downloads
References
Achmad Akip. (2019). Hubungan Antara Kreativitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN 1 Konawe Selatan. 4(1), 34–41.
Bety, H. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. 4, 41–55.
Damayanti, D. (2014). Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penelitian Siswa) Bagi Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 7 Semarang
Dewi yonitasar. (2014). Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 241–248.
Dwi Asridha, karsadi, mustamin anggo. (2018). Pengaruh Pemberian Penguatan dan Fasilitas Belajar Geografi Siswa Kelas IX IPS Di SMA Negeri 11 Konawe Selatan. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 2(1), 179–187.
Ernis, P. (2018). Hubungan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. XII (10), 47–51.
Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajerial, 16(1), 163. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. 2(1), 13–22.
Ichsan, R. N., Karim, A., Pembinaan, U., & Indonesia, M. (2021). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pt. jasa raharja medan. 6(1), 1–4.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). 1(1), 79–92.
Muhammad Havid, Agus Efendi, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 12(1).
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.
Napitupulu, B., & Munthe, D. R. S. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 8(3), 1–6.
Palupi, A. N., Susanto, S., & Pangestu, W. T. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Sdn 2 Megeri. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 143–152. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.405
Permendikbud No.13 Tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah
Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e- learning berbasis web pada mata kuliah belajar pembelajaran i terhadap hasil belajar mahasiswa.
Rahmadini, Yulina H, A. S. (2019). Hubungan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD. 1–12.
Rahmawati, D. I., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. JOAEP Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 108–123. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42115
Sarahwati. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA. AL-Khairaat Tarakan. 2005-2003
Sugiyono. (2013), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ed); Kedua). Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS
Sumbayak, M. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III SD Negeri 060938. Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum (PSSH), 1, 37.1-37.15.
Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.
Tri Wahyuni, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Taruna Akpelni Semarang. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 67–73. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.53
Watini, S. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Yugiswara, A., Sukidin, S., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 101. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427
Yuhana, Y., Lian, B., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5431
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indra Muliawati, Ratna Fitri Astuti, Noor Ellyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
