HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI CITRA NIAGA SAMARINDA

  • Khurrotu Aini Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: Pengetahuan kewirausahaan, keberhasilan usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kewirausahaan dengan keberhasilan usaha mikro kecil menengah di Citra Niaga Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Citra Niaga Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penilitian ini adalah non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi pengetahuan kewirausahaan dengan keberhasilan usaha pedagang UMKM Citra Niaga Samarinda. Arah hubungan menunjukkan keduanya positif, yang artinya semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan maka akan semakin tinggi pula tingkat keberhasilan usaha pedagang UMKM Citra Niaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. 2013. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta
Ananda, A., Amrullah, A., Agung, A., Masiku, G., Mulawarman, U., & Makassar, U. N. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirauasahaan dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervering Pada Studi Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar. 01, 22–33.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Christianingrum, E. R. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 49.
Daulay, Ramadini, 2013. “Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha pada Foto Copy dan Alat Tulis Kantor di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal”. FE USU Dep. Manajemen.
Echdar, S. (2014). The HRs entrepreneurial competency development and the effects on the performance of small and medium enterprises in South Sulawesi. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 17(2), 197-210.
Erlina. 2011. Metodologi Penelitian: Untuk Akuntansi. Medan: USU PRESS
Fahmi, Irham. 2013. Kewirausahaan Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Famila, G. C., Reza, & Astuti, R. F. (2021). Explaining Financial Management Behavior for Koreans Living in the United States.
Firmansyah, M. A., & Andrianto, A. (2019). Kewirausahaan: Gaya Hidup.
Gema, 2020. “Hubungan Karakteristik Wirausaha dengan Keberhasilan Usahatani Holtikultura”. Jurnal Agribisnis. Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heri, 2012. “Hubungan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha”. Jurnal Manajerial. Vol, 11. No. 21
Hidayat, R., Reza, Haidar, K., & Ellyawati, N. (2016). Analisis Keuntungan Usaha Warung Makan di Pasar Sanggam Adji Dilayas Kabupaten Berau. 10(2), 1–23.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. 2016. Entrepreneurship Tenth Edition. Kuntowicaksono, 2012. “Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Journal of Economic Education, 46-52.
Mulyani, C. D., Ellyawati, N., & Haidar, K. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H.Aan Tanah Grogot. Educational Studies: Conference Series, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.902
Napitupulu, J. H., Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(3), 138–144. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p138-144
Pangestuti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Sikap terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, 1(1), 1–6.
Putri, C. M. I. (2018). Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Bitkom Research, 63(2), 1–3. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i1.39093
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965
Ramadhani, R., Reza, R., & Piar, C. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di D’Puncak Cafe and Resto Samarinda Tahun 2021. Educational Studies: Conference Series, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.913
Revilda Vienty, V., Haidar, K., & Permatasari, I. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Lantabur Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 103–111. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1203
Setiyawan, W. (2021). PENJUALAN PADA USAHA BATAKO BAPAK ADANTO DI RAPAK DALAM TAHUN 2020. 1–6.
Syarfina, Reza, & Ellyawati, N. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen Momoo Milk Fresh Samarinda Tahun 2019. 1–7.
Soegoto, E. S. (2014). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung Edisi Revisi. Elex Media Komputindo.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Mukti Ali, M., Gazali, M., Hartono, S., & Farina, T. (2011). Riset pemasaran dan konsumen.
Suryana, 2017. Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses, (Edisi Keempat). Jakarta: Salemba Empat
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam.
Suyatno. (2010). Motivasi dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil (Studi pada industri kecil sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(2), 177-184.
Wahyuni, 2015. “Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Minat Wirausaha Siswa SMK Negeri 3 Singaraja”. Jurnal. Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Yuliana, A., Subagio, N., & Riyadi, R. (2022). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16, 190–195. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33582
Yulianti, N. M. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET PERJALANAN WISATA PADA CV . ZHAFIF merupakan Biro Perjalanan Wisata yang bergerak dalam Usaha Jasa Penjualan Tiket Pesawat Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Paket Perjalanan Wisata pada CV . 1(2), 1–10.
Published
2022-12-31
How to Cite
Aini, K., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI CITRA NIAGA SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 91-100. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2260
Section
Articles