Implementasi model discovery learning terhadap hasil belajar sains siswa pada masa pandemi COVID-19

Implementation of the discovery learning model on student science learning outcomes during the COVID-19 pandemic

Authors

  • Ega Andriani Universitas Mulawarman
  • Ernawati Ernawati Universitas Mulawarman
  • Fathur Insani Ridho Universitas Mulawarman
  • Lilis Lesdiana Universitas Mulawarman
  • Yuniati Mangesa Universitas Mulawarman
  • Farah Erika Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.767

Keywords:

Discovery Learning, E-learning, Covid-19

Abstract

Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif sehingga sampai pada suatu kesimpulan. Model ini diterapkan pada siswa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu berbasis e-learning terhadap hasil belajar pada pembelajaran sains di masa covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model discovery learning dengan metode daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan studi literatur melalui berbagai kajian kepustakaan dalam memperkuat analisis yang di dukung dari berbagai sumber yang memiliki kedalaman teori. Hasil review menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  discovery learning di masa covid-19 dalam pembelajaran sains secara daring cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almariah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the Critical Challenges and Factors Influencing the E-learning System Usage During COVID-19 Pandemic. Education and Information Technologies, 120.
Amalia, A., & Saadah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadapa Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 2014-224.
Bekti, M. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dna Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 12.
Fatma, M., Marhadi, A., & Rudi, L. (2020). Penerapan Model DIscovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 62.
Firdaus. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Utile, VI(2), 220-225.
Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di Sd Negeri 77 Palembang. Jurnal Pendidikan, 160.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. . Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran , 90.
Jamal, S. (2020). Analysis of E-learning Readiness During the Covid-19 Pandemic at SMK Negeri 1 Tambelang. Jurnal Nalar Pendidikan, 50.
Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A., & Putra , P. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 110.
Lestari, D. E., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 843.
Mahaningtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa Pgsd. Jurnal Pedagogik, 39.
Nurfasya, R. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Larutan Asam Basa Dengan Strategi Integrated Science Proccess Skill. Chemistry in Education, 3(2), 185-192.
Pangaribowo, D. R., Keliat, R. N., & dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Bioedukasi, 10(1), 47-57.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.
Putri, T. P., Fasiawati, N., & Rudibyani, R. B. (2019). Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Fleksibel pada Materi Asam Basa. Chemistry Education, 12.
Rosarina, G., Sudin , A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan. Jurnal Pena Ilmiah, 371-380.
Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 112.
Susanti, E., Jamhari, M., & Suleman , S. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 114-125.
Utami, W. A., Marpaung, R. R., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik, 7(5), 77-85.
Yuszahra, R., Maryani, & Supriadi, B. (2020). Model Discovery Learning Dengan Media E-Learning. Fisika, 35.

Published

2021-12-17