Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pembelajaran daring pada masa COVID-19

Utilization of communication and information technology inonline learning in the COVID-19pandemic

  • Edwardus Iwantri Goma Universitas Mulawarman
  • Lutfiah Sholeha Universitas Mulawarman
  • Savira Djumi Wardan Universitas Mulawarman
  • Ummi Sa’adah ardianna Universitas Mulawarman
  • Annisa Istiqomah Universitas Mulawarman
  • Yusniati Andini Saputri Universitas Mulawarman
  • Alexander Dilip Universitas Mulawarman
Keywords: Covid-19, Pendidikan, Pembelajaran

Abstract

Saat ini dunia dikejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah COVID-19. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak COVID-19. Pada 5 Juni 2020 Indonesia melaporkan jumlah kasus pasien positif corona mencapai 7.766 orang. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintahtelah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi,sosial and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala besar(PSBB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap stay at home, bekerja, beribadah dan belajar di rumah. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran secara onlineatau daring. Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh sendiri bertujuan untuk memenuhi standard pendidikan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dengan menggunakan perangkat komputer atau gadget yang saling terhubung antara siswa danguru. Melalui pemanfaatan teknologi tersebut pembelajaran bisa tetap dilaksanakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astini, Ni Komang Suni. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran
Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang
Lembaga Penjamin Mutustkip Agama Hindu Amplatura. 14-2. https://e-journal.stkipamlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhdiakses pada 08 September 2021
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian
Geografi, 1-9.
Isradini, Nadya., dkk. 2020. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada
Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 3(3): 176-181.
https://jurnal.ummi.ac.id Diakses 08 September 2021
Prajana A, Astuti Y., (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum
2013. http://journal2 .um.ac.id/index .php/ jinotep /article/view/12948/5661.
Salsabila, Unik Hanifah., dkk. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa
Pandemi. 2(2): 1-13. https://journal.uwks.ac.idDiakses pada 08 September 2021
Winda, Sasmit. 2021.PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN
TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 23/X
MUARA SABAK TIMUR.
http://repository.uinjambi.ac.id/8241/&ved=2ahUKEwixwIyGz-
_yAhWY7HMBHb_rBHkQFnoECAoQAQ&usg=AOvVaw2UFa7ZjNN7RWJhpr4HcNGDiakses Pada 6 September 2021
Published
2021-12-17