Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar (SD)

Empowering parental involvelment forliteracystudy inelementary school

  • Edwardus Iwantri Goma Universitas Mulawarman
  • Alby Satrio Universitas Mulawarman
  • Irvan Andi Maryanto Universitas Mulawarman
  • Mahdani Mahdani Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ali Akbar Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rahmat Dharmawan Universitas Mulawarman
Keywords: Keterlibatan orang tua, Literasi, Pembelajaran, Sekolah dasar

Abstract

Literasi diartikan sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis yang merupakan dasar untuk memahami literasi dalam bidang yang lebih luas seperti literasi computer, kesehatan, ekonomi dan dalam bidang lain. Literasi dasar berupa kemampuan membaca dan menulis memiliki peranan yang besar dalam hidup siswa karena kemampuan dan keterampilan siswa dalam literasi memudahkan mereka untuk memahami apa yang terjadi dalam hidup. Membentuk budaya membaca dan literasi dalam arti luas memerlukan proses,dan tidak bisa dilakukan secara instant. Perlu memberdayakan keterlibatan orang tua untuk memonitor dan mendukung program literasi sekolah saat siswa ada di rumah. Pelibatan orang tua memberikan kontribusi terhadap pembelajaran siswa (Cotton dan Wikelund 1987). Tetapi hasil observasi dan wawancara terhadap beberapa guru di Bali Utara dan Selatan memberikan indikasi bahwa program sekolah yang melibatkan orang tua belumdilakukan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shohibah, Rizqiyatus, (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8905/i6.pdf?%20sequence=1&isAllowed=y diakses tanggal 14 September 2021.
Epstein, J. L. (1995). Perspectives and previews on research and policy for school, family and community partnerships. In Booth, A & Dunn, J. (eds). Family-school links: how do they affect educational outcomes? Hillsdal, N.J.: Erlbaum.
Padmademi, Ni Nyoman. 2018. Memberdayakan Keterlibatan orang tua dalam Pembelajaran Literasi Sekolah Dasar (SD). Universitas Pendidikan Ganesha Bali.
Published
2021-12-17
Section
Articles