Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains pada pembelajaran fisika untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Makassar

Development of scientific literacy-based Student Worksheets in physics learning to measure the scientific literacy abilities of students in class XI Natural Science 4 Senior High School Makassar

Authors

  • Triya Triya Universitas Mulawarman
  • M Arsyad Universitas Mulawarman
  • Helmi Helmi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.760

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran fisika kelas XI IPA SMA Negeri 4 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan LKPD berbasis literasi sains menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Makassar sebanyak 36 orang dan 6 Pendidik Fisika yang bergabung di MGMP fisika sekota Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validitas pakar, angket respon pendidik dan tes kemampuan literasi sains. Setelah dilakukan analisis data validasi pakar diperoleh indeks kesepakatan pakar untuk LKPD berbasis literasi sains sebesar 82,2%, indeks kesepakatan pakar angket respon pendidik sebesar 87,5% dan indeks kesepakatan pakar tes kemampuan literasi sains sebesar 85,3% sehingga ketiganya dinyatakan valid. Penilaian praktisi diperoleh presentase keseluruhan sebesar 93,8% yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan dari segi kemampuan literasi sains peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 83,3% dan yang tidak mencapai ketuntasan sebesar 16,7%. Sehingga dapat dinyatakan LKPD berbasis literasi sains pada pembelajaran fisika efektif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beladina, Suyitno, dan Kusni. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), Vol. 2(3), 36- 39
Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta Timur
Kurnia, F., Zulherman., & Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1)
Liu, X. 2009. Beyond Science Literacy: Science and the Public. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (4): 301-311
Nisa, N. K., Natalina, M & Suwondo. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma. JOM FKIP, 7 (1)
Nofiana, M & Julianto, T. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi , 9 (1)
OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus: What 15year-olds know and what they can do with what they know. New York: Columbia University
OECD. 2018. PISA 2015 : PISA Result In Focus
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2021-12-17