Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada pelajaran simulasi dan komunikasi digital terhadap hasil belajar siswa

The effectiveness of using web-based e-learning media in simulation lessons and digital communications on studentlearning outcomes

  • Deby Natalia Cornelius Universitas Mulawarman
  • Eko Subastian Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
Keywords: media pembelajaran E-Learning, konvensional, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunan media pembelajaran e-learning berbasis web pada pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengatur ranah kognitif. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasi web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajar. Berdasarkan hasil penlitian diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.31, efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.18 dan peningkatan hasil belajar denga E-Learning lebih baik dibandigkan dengan media pembelajaran konvensional pada materi Perangkat Lunak Presentasi kelas X SMK Negeri 2 Samarinda. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh ????ℎ???????????????????? > ????????  (2.448 > 1.671), serta nilai signifikansi (P) adalah (0.017) < ∝(0.05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran E-Learning berbasis web efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perangkat Lunak Presentasi Kelas X SMK Negeri 2 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA
Matondang, M. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6, 87-97.
Published
2021-12-17